Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1691 (Softcopy SK-1173)
Collection Type Skripsi
Title Evaluasi Massive Open Online Course (MOOC) Udacity Berdasarkan Prinsip Desain Instruksional dan Desain Antarmuka
Author Fayya Nadhira Anyatasia;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universias Indonesia, 2019
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1691 (Softcopy SK-1173) 11585927 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 46667
ABSTRAK Nama : Fayya Nadhira Anyatasia Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Evaluasi Massive Open Online Course (MOOC) Udacity Berdasarkan Prinsip Desain Instruksional dan Desain Antarmuka Pembimbing : Dr. Kasiyah Junus, M.Sc. & Harry Budi Santoso, M.Kom., Ph.D. Sejak pertama kali kemunculan MOOC, permasalahan rendahnya completion rates pada MOOC sering dijadikan objek penelitian ditinjau dari segi desain instruksional dan desain interaksi. Namun, belum terdapat penelitian yang mengkaji secara mendalam penerapan prinsip-prinsip desain instruksional dan desain antarmuka tersebut pada pembelajaran di MOOC platform. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana Udacity, menerapkan desain interaksi dan desain instruksional pada proses pembelajarannya. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui evaluasi usability dari MOOC platform tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode campuran. Pengumpulan data kuantitatif menggunakan e-learning usability scale. Sementara itu, usability testing dilakukan untuk memperoleh data kualitatif. Dilakukan juga analisis terhadap prinsip-prinsip Gagne’s nine events of instruction dan Chickering and Gamson’s seven principle of good practice in online teaching. Hasil menunjukkan bahwa dalam segi content, course design dan interactivity, Udacity sudah memenuhi standar namun masih memiliki ruang perbaikan dari segi instructor presence. Terdapat juga beberapa permasalahan usabilty yang ditemukan, dan paling banyak terkait dengan forum diskusi daring. Dalam penelitian ini juga dijabarkan desain alternatif yang ditawarkan untuk meningkatkan usability dari Udacity. Kata kunci: MOOC, Udacity, Instructional Design, Usability