Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-0500 (Source Code SK-69)
Collection Type Skripsi
Title Visualisasi pemodelan arus lalu-lintas pada sebuah ruas jalan dengan1 pendekatan model kontinum sederhana
Author Hendrie Gunawan;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2002
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-0500 (Source Code SK-69) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 4668
ABSTRAK

Masalah transportasi merupakan suatu masalah yang telah ada sejak lama, bahkan masalah ini ada sebelum ditemukannya teknologi mobil. Masalah transportasi ini khususnya masalah lalu-lintas pada tahun-tahun belakangan ini, telah menjadi masalah yang cukup memprihatinkan. Hampir setiap hari dapat dilihat pada beberapa ruas jalan, selalu terdapat satu atau lebih titik kemacetan yang menghalangi laju pergerakan lalu-lintas. Pada tugas karya akhir ini, penulis mencoba untuk memvisualisasikan bentuk pergerakan atau perubahan komponen lalu lintas kedalam suatu model pendekatan arus lalu lintas yaitu model kontinum sederhana. Model ini menitik beratkan pembahasan pada kondisi arus lalu-lintas berdasarkan lokasi dan waktu yang akan memenuhi sebuah persamaan metematis yang disebut persamaan konservasi untuk arus lalu-lintas. Berdasarkan persamaan konversi, yang dihasilkan dengan pendekatan model kontinum sederhana, pembahasan ditentukan pada solusi numerik dari model tersebut. Pendekatan solusi analitis diperlukan sebagai langkah awal untuk mendapatkan bentuk solusi yang dapat diselesaikan secara menarik. Solusi numerik dilakukan dengan mencari persamaan finite diffrence yang memenuhi persamaan konservasi. Persamaan fuite difference yang dihasilkan akan digunakan untuk menghitung dinamika kedapatan pada suatu lokasi dan waktu tertentu. Implementasi dari persamaan finite difference ini berupa program simulasi yang diekekusi pada Matlab. Di dalam matlab, permsamaan finite difference ini diubah ke dalam bentuk matriks. Pengujian dari program simulasi ini dilakukan pada berbagai kondisi jalan yaitu padat, normal, serta lengang, ba