Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1731 (Softcopy SK-1213)
Collection Type Skripsi
Title Desain Pembelajaran Daring Bahasa Arab Dasar dengan Pendekatan User-Centered Design
Author Farah Agia Ramadhina;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universias Indonesia, 2019
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1731 (Softcopy SK-1213) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 46704
ABSTRAK Nama : Farah Agia Ramadhina Program Studi : Sistem Informasi Judul : Desain Pembelajaran Daring Bahasa Arab Dasar dengan Pendekatan User-Centered Design Pembimbing : Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D. R. Yugo Kartono Isal, Drs., M.Sc., Dr. Terdapat banyak institusi yang menyediakan sarana pembelajaran secara tatap muka untuk mempelajari Bahasa Arab. Kebutuhan atas pembelajaran Bahasa Arab kian meningkat dipicu oleh kesadaran masyarakat yang semakin besar dalam memperdalam Agama Islam. Seiring dengan berkembangnya hal tersebut, kebutuhan belajar Bahasa Arab dengan pendekatan yang berbeda dan berbasis teknologi di Indonesia pun meningkat. Pendekatan pembelajaran daring perlu dilandasi kajian atas kebutuhan pengguna supaya proses belajar berjalan baik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain pembelajaran daring Bahasa Arab pada tingkatan dasar dengan menggunakan pendekatan User-Centered Design (UCD). Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods. Tahapan yang dijalankan meliputi pengumpulan kebutuhan pengguna, pembuatan solusi desain, pembuatan purwarupa, dan evaluasi. Berkaitan dengan pembuatan purwarupa, dirancang desain low-fidelity dan high-fidelity prototypes. Gagne’s nine instructional events digunakan sebagai acuan perancangan desain instruksional. Evaluasi dilakukan dengan mengacu pada metode usability testing. Penelitian ini menawarkan purwarupa pembelajaran daring Bahasa Arab Dasar berdasarkan kajian atas kebutuhan pengguna dan desain instruksional. Berdasarkan penelitian ini, hasil akhir yang didapat adalah sejumlah 17 fitur yang berasal dari 34 kebutuhan. Kata kunci: Bahasa Arab, Desain, Pembelajaran Daring, Second Language Acquisition, User-Centered Design