Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-1257 (Softcopi KA-1250) MAK KA-903
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Faktor yang memengaruhi consumer engagement terhadap sebuah merek dalam social commerce di instagram: studi kasus bereal.id
Author Indra Kuntara;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2019
Subject Social Commerce
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-1257 (Softcopi KA-1250) MAK KA-903 Ind TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 46783
ABSTRAK

Social commerce adalah kegiatan transaksi secara elektronik yang dilakukan menggunakan sosial media. Bereal.id sebagai brand produk kecantikan baru memanfaatkan social commerce untuk memasarkan produk yang dijualnya di mana kanal sosial yang dipilih adalah melalui Instagram. Berdasarkan crawling data yang diperoleh dari Instagram, rasio antara post, komentar, dan jumlah pengguna Instagram yang berbagi dengan teman-temannya antara Bereal.id dan kompetitornya sangat jauh yaitu 562 komentar, 48 share, dan 833 like dari 186 post yang dimiliki Bereal.id sedangkan kompetitornya memiliki 4315 komentar, 1105 share, dan 7215 like dari 350 post. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya consumer engagement pengguna terhadap Instagram Bereal.id. Oleh karena itu peneliti ingin untuk mengetahui faktor apa saja yang dapat meningkatkan consumer engagement dalam social commerce terhadap sebuah brand dan keterlibatan penggunanya berfokus pada passive participation. Model penelitian yang dipakai adalah technology attractiveness framework dari penelitian Shen et al. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan kuesioner dan metode olah data dan pengambilan kesimpulan menggunakan Partial Least Squares-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) terhadap 53 responden yang merupakan pengikut akun Instagram dan pernah membeli produk Bereal.id. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa physical attractiveness, sociability, dan community involvement merupakan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap peningkatan passive consumer engement Instagram Bereal.id. Selain itu terdapat satu fator yang ditolak yaitu personalization.