Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1749 (Softcopy SK-1231)
Collection Type Skripsi
Title Pengembangan Dan Evaluasi Usability Aplikasi Pembelajaran Al- Qur’an Dengan Teknik Presentasi Asbabun Nuzul
Author Luthfi Ferdian;
Publisher Depok: Fkultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
Subject Depok, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1749 (Softcopy SK-1231) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 47449
ABSTRAK Nama : Luthfi Ferdian Program Studi : Sistem Informasi Judul : Pengembangan Dan Evaluasi Usability Aplikasi Pembelajaran Alquran Dengan Teknik Presentasi Asbabun Nuzul Pembimbing : Harry Budi Santoso, S.Kom, M.Kom, Ph.D & Dr. Dra. Kasiyah M.sc Mempelajari Alquran adalah sebuah kewajiban bagi orang beragama Islam. Oleh karena itu, banyak upaya telah dilakukan untuk dapat mempelajari Alquran dengan baik dan benar. Salah satu upaya yang dilakukan adalah merancang sebuah metode pembelajaran Alquran. Saat ini, telah banyak metode pembelajaran Alquran diperkenalkan. Di sisi lain, sudah banyak aplikasi pembelajaran Alquran yang membantu umat Islam dalam mempelajari Alquran. Namun, belum ada aplikasi yang menggunakan metode pembelajaran Alquran dengan penampilan Asbabun Nuzul yang disusun berdasarkan turunnya ayat Alquran. Padahal, jika dilihat secara garis besar, pada zaman dahulu Nabi Muhammad uti alak ayntamu nakrajagnem صلى الله عليه وسلمsecara berangsur-angsur sesuai dengan turunnya suatu ayat. Mempelajari Asbabun Nuzul merupakan hal penting dalam mempelajari Alquran. Dengan mempelajari Asbabun Nuzul, seseorang akan mengetahui konteks dari ayat tersebut sehingga dapat menginterpretasikan pelajaran tersebut dengan lebih baik. Berangkat dari hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi desain aplikasi pembelajaran Alquran dengan metode penampilan Asbabun Nuzul yang disusun berdasarkan turunnya ayat Alquran. Dalam mengevaluasi desain aplikasi tersebut, penulis menggunakan metode mixed method yang memadukan antara evaluasi kuantitatif dan kualitatif. Evaluasi dilakukan pada 10 orang responden. Berdasarkan hasil evaluasi, didapatkan bahwa desain aplikasi pembelajaran Alquran yang diteliti memiliki respons yang cukup baik dari segi kualitatif, serta mendapatkan nilai yang cukup tinggi dari perhitungan kuantitatif. Kata Kunci: Alquran, Asbabun Nuzul, Desain Aplikasi, Mixed Method, Belajar