Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1752 (Softcopy SK-1234)
Collection Type Skripsi
Title Perancangan Desain Antarmuka Chatbot Layanan Jasa Titip
Author Rafie Dharmawan Prastowo;
Publisher Depok: Fkultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
Subject Depok, Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1752 (Softcopy SK-1234) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 47453
ABSTRAK Nama : Rafie Dharmawan Prastowo Program Studi : Sistem Informasi Judul : Perancangan Desain Antarmuka Chatbot Layanan Jasa Titip Pembimbing : Harry Budi Santoso M.Kom., Ph.D. & Dr. Drs. R. Yugo Kartono Isal M.Sc. Bisnis Layanan Jasa Titip mulai menjadi bisnis yang berkembang. Pelaku dituntut untuk selalu memberikan respon secepat mungkin. Masalah ini merupakan masalah yang selalu dialami oleh penyedia layanan jasa titip. Perkembangan teknologi pada saat ini, sudah terdapat teknologi chatbot yang dapat menggantikan manusia dalam melakukan kegiatan operasional. Penelitian ini berusaha memberikan soluasi berupa chatbot untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh bisnis layanan jasa titip. Pengembangan yang dilakukan menggunakan prinsip user-centered design yang melibatkan pengguna secara aktif pada setiap metodenya. Pengumpulan kebutuhan sistem dilakukan dengan metode wawancara, kuesioner, dan expert review. Hasil yang didapat dijadikan panduan dalam mendesain antarmuka chatbot layanan jasa titip. Evaluasi terhadap prototipe dilakukan secara mixed method dengan menggunakan concept testing dan system usability scale. Berdasarkan evaluasi yang dilakukan kepada pengguna, desain antarmuka chatbot layanan jasa titip yang dibuat sudah cukup baik dari segi usability dan didapatkan skor SUS yang cukup tinggi. Kata kunci: User Experience, Concept Testing, Expert Review, Chatbot, E-Commerce, CRM, Tone of Voice