Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-1386 (Softcopy KA-REVISI softcopy) MAK KA-....
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Perancangan Strategi Bisnis Digital Pariwisata: Studi Kasus Marketplace MNO
Author Bimo Eka Putra;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2020
Subject Digital business
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-1386 (Softcopy KA-REVISI softcopy) MAK KA-.... Ind TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 48448
ABSTRAK

ABSTRAK Nama : Bimo Eka Putra Program Studi : Magister Teknologi Informasi Judul Pembimbing : : Perancangan Strategi Bisnis Digital Pariwisata: Studi Kasus Marketplace MNO Ir. Dana Indra Sensuse M.LIS., Ph.D. Dr. Sofian Lusa S.E., M.Kom. Menurut laporan World Travel & Tourism Council (2018) pariwisata menjadi salah satu sektor perekonomian terbesar di dunia. Industri pariwisata sudah berada garis terdepan dari disrupsi digital, dimana telah mengubah cara berwisata dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir (World Economic Forum, 2017). Di Indonesia sendiri, Industri pariwisata menjadi sektor yang paling dapat mendukung pendapatan devisa negara. Melihat hal tersebut, MNO hadir untuk memaksimalkan potensi industri pariwisata di Indonesia. Namun, dalam mendapatkan potensi yang ada, aktivitas MNO dirasa masih belum maksimal. Hal tersebut dilihat dari performansi yang belum mencapai target. MNO merupakan Business-to-business (B2B) Marketplace yang menghubungkan pemilik produk pariwisata (seller) dan penyedia jasa (buyer) di ekosistem pariwisata digital. Penelitian ini merancanga strategi bisnis digital yang dapat digunakan pada MNO. Metode perancangan strategi Chaffey digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan strategi bisnis digital, dimana tahapan yang digunakan adalah strategic analysis, strategic objectives, dan strategic definition. Hasil dari penelitian ini menghasilkan 15 strategi bisnis digital untuk produk MNO yang dapat diimplementasikan. Selain itu, dirumuskan juga 8 keputusan kunci untuk produk MNO. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat, khususnya oleh produk MNO dalam menerapkan bisnis digital untuk industri pariwisata di Indonesia.