Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1829 (SSoftcopy SK-1311) Source Code SK-723
Collection Type Skripsi
Title Pengembangan dan Evaluasi Usability Aplikasi SRL*Pintar Berbasis Android untuk Memfasilitasi Keterampilan Self-Regulated Learning
Author Anisha Inas Izdihar;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1829 (SSoftcopy SK-1311) Source Code SK-723 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 48460
ABSTRAK Nama : Anisha Inas Izdihar Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Pengembangan dan Evaluasi Usability Aplikasi SRL*Pintar Berbasis Android untuk Memfasilitasi Keterampilan Self-Regulated Learning Pembimbing : Harry Budi Santoso, S. Kom, M. Kom, PhD & Dr. Drs. R. Yugo =Kartono Isal, M. Sc Self-regulated learning adalah keterampilan seseorang untuk belajar dengan menggunakan kemampuannya untuk mencapai tujuan tertentu. Beberapa penelitian menunjukkan penerapan keterampilan self-regulated learning dapat meningkatkan kinerja belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi yang digunakan untuk memfasilitasi keterampilan self-regulated learning pelajar dengan pendekatan User-Centered Design. Tahap penelitian terdiri dari perumusan masalah, pengembangan aplikasi, evaluasi aplikasi, dan penarikan kesimpulan. Aplikasi yang dikembangkan berbasis Android dengan mengacu pada high-fidelity design dari hasil penelitian terdahulu. Aplikasi yang dikembangkan dievaluasi dengan metode diary study dan penilaian System Usability Scale. Pada penelitian ini, responden diary study dibagi menjadi kelompok kontrol dan eksperimental. Kelompok kontrol diminta untuk mengikuti skenario penggunaan aplikasi sedangkan kelompok eksperimental diberi kebebasan untuk menggunakan aplikasi. Berdasarkan pemetaan respons evaluasi, ditemukan bahwa responden dari kelompok kontrol lebih banyak menemukan masalah usability daripada mengungkapkan pengalaman positif. Sementara itu, banyak responden dari kelompok eksperimental yang memberi pendapat mengenai manfaat aplikasi pada proses belajar. Penelitian ini mengungkapkan masalah usability baru pada desain yang tidak ditemukan di penelitian sebelumnya. Dari pemetaan hasil evaluasi dan nilai System Usability Scale, diperoleh rekomendasi perbaikan dan saran untuk pengembangan aplikasi di masa depan. Kata Kunci: Self-regulated learning, desain interaksi, Android, evaluasi, diary study