Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KP- 3460
Collection Type Kerja Praktek (KP)
Title Pengembangan ERP Modul Sales dan LMS Pada PT DesktopIP Teknologi Indonesi
Author Muhammad Haikal Baihaqi;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonsia, 2020
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KP- 3460 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 48771
ABSTRAK Nama : Muhammad Haikal Baihaqi Program Studi : Sistem Informasi Judul : Pengembangan ERP Modul Sales dan LMS pada PT DesktopIP Teknologi Indonesia Dosen Kerja Praktik : Muhammad Mishbah, S.Kom., M.Kom Saat ini, Enterprise Resource Planning (ERP) menjadi pilihan populer bagi banyak perusahaan. Berbagai proses yang membuat suatu bisnis dapat diatasi dengan sistem ERP. Laporan ini membahas pengalaman kerja praktik (KP) penulis sebagai konsultan ERP pada PT. DesktopIP. KP dilaksanakan selama 12 minggu, mulai dari tanggal 1 Juni 2020 hingga 30 Agustus 2020. Penulis ditempatkan pada salah satu proyek klien PT DesktopIP, yaitu Al-Azhar BSD. Dalam proyek tersebut, penulis bertanggung jawab pada modul Sales dan Learning Management System (LMS). Tugas penulis adalah mengkonfigurasi modul yang dipegang sebagai solusi terhadap masalah yang dihadapi proyek klien. Selain tugas proyek Al-Azhar, penulis juga menyimulasikan modul dalam perusahaan fiktif, melakukan review modul ekstra Odoo untuk referensi masa depan, dan melakukan testing fitur pada database buatan. Pada awal kegiatan KP dimulai hingga minggu keempat, penulis berfokus pada modul Sales dalam ERP Odoo. Setelah virtual conference (Vicon) dengan tim internal Al-Azhar BSD, penulis berpindah fokus ke modul LMS dikarenakan proyek Al-Azhar BSD tidak mengimplementasikan modul Sales. Modul LMS juga diimplementasikan menggunakan Moodle karena fitur modul LMS pada Odoo masih belum tersedia. Hasil pekerjaan penulis berupa dokumentasi fitur yang dikonfigurasi oleh penulis beserta tim, yang juga dipresentasikan kepada klien dalam bentuk video dan ppt. Lesson Learned yang didapatkan penulis adalah sering melakukan komunikasi antar tim mengenai pekerjaan meskipun hal yang ingin dikomunikasikan merupakan hal yang kecil. Dengan komunikasi, progress pekerjaan dapat dipantau serta dibantu oleh tim. Selain itu, permintaan klien juga dapat berubah dan bertambah dalam waktu yang singkat, sehingga adaptasi yang cepat menjadi hal yang penting. Kata Kunci: ERP; kerja praktik; LMS; sales