Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1881 (Softcopy SK-1363)
Collection Type Skripsi
Title Analisis faktor yang memengaruhi intensi pembelian di social commerce dengan persepektif teori socio-technical dan self-determination
Author Muhammad fawwaz syarif;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1881 (Softcopy SK-1363) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 48832
ABSTRAK Nama : Muhammad Fawwaz Syarif NPM : 1606889074 Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Faktor yang Memengaruhi Intensi Pembelian di Social Commerce dengan Perspektif Teori Socio-technical dan Selfdetermination Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom Social commerce (s-commerce) adalah aktivitas perdagangan daring yang menggunakan social network sites (SNS) seperti Facebook dan Instagram. Masyarakat Indonesia sendiri diketahui memiliki sikap belanja yang sangat dipengaruhi oleh SNS. Motivasi intrinsik disebutkan sebagai hal yang paling memengaruhi seseorang untuk mengambil keputusan termasuk dalam berbelanja di s-commerce. Agar dapat mengetahui karakteristik s-commerce apa saja yang memengaruhi motivasi intrinsik seseorang, digunakan perspektif teori sociotechnical. Teori socio-technical digunakan karena faktor sosial dan teknikal pada s-commerce tidak dapat dipisahkan. Model penelitian ini terdiri dari bagian 1) dukungan sosial (informational support dan emotional support); 2) penunjang teknikal (support for social interaction, support for recommendation, dan support for reputation); 3) self-determination theory (autonomy, competence, relatedness, dan motivasi intrinsik); dan 4) faktor intensi pembelian pada s-commerce. Penelitian dilakukan menggunakan metode covariance-based structural equation modelling (CB-SEM) dengan menggunakan survei daring yang diisi oleh 561 responden valid. Hasil analisis membuktikan bahwa semua faktor dalam karakteristik teknikal s-commerce memengaruhi autonomy dan competence; faktor emotional support memengaruhi relatedness; faktor informational support memengaruhi autonomy, competence, dan relatedness; faktor autonomy, competence, dan relatedness memengaruhi motivasi intrinsik; dan motivasi intrinsik memengaruhi intensi pembelian pada s-commerce. Penelitian ini diharapkan dapat mengisi kekosongan penelitian mengenai motivasi dalam scommerce. Penelitian ini juga diharapkan dapat memiliki implikasi praktikal bagi pelaku industri s-commerce untuk mengimplementasi fitur yang sesuai dan mengatur strategi bisnis yang tepat. Kata kunci: Social commerce, self-determination theory, socio-technical theory