Tidak ada review pada koleksi ini: 48890
ABSTRAK
Nama : Angginistanti Fairuz Hanun
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Faktor Penentu Sikap dan Intensi Pembelian pada Mobile
Branded Application: Integrasi Teori Uses and Gratification dan
Theory of Planned Behavior
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom, dan Annisa
Monicha Sari, S.Kom., M.Kom
Mobile branded application (branded apps) adalah saluran daring perusahaan untuk
melayani pelanggan serta menampilkan identitas merek. Platform ini menjadi keunggulan
perusahaan yang diprediksi pertumbuhannya beberapa tahun kedepan. Namun,
ditemukan persentase uninstall aplikasi berbelanja tahun 2020 di Indonesia yang beresiko
terhadap penggunaan branded apps. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman mengenai
faktor yang memicu sikap dan intensi pembelian berdasarkan perspektif kebutuhan dan
keyakinan pengguna. Penelitian ini mengadopsi teori uses and gratification dan theory of
planned behavior untuk memahami perilaku konsumen. Model penelitian meliputi 1)
uses and gratification (ease of use, money saving, delivery experience, hedonic benefit,
learning benefit, dan social presence), 2) theory of planned behavior (attitude, subjective
norm, dan perceived behavioral control), dan 3) purchase intention. Analisis data
dilakukan menggunakan metode PLS-SEM dengan 471 responden. Hasil analisis
menemukan pengaruh motivasi kebutuhan terhadap attitude dan purchase intention;
faktor ease of use, money saving, hedonic benefit, learning benefit, dan social presence
memengaruhi attitude; faktor ease of use, money saving, hedonic benefit, dan learning
benefit memengaruhi purchase intention. Hasil analisis juga membuktikan attitude,
subjective norm, dan perceived behavioral control memengaruhi purchase intention.
Penelitian ini memberikan implikasi teoretis berupa keterbaruan konteks branded apps,
serta implikasi praktis bagi perusahaan pengembang aplikasi, dan perusahaan penyedia
branded apps.