Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1893 (Softcopy SK-1375)
Collection Type Skripsi
Title Analisis faktor penentu sikap dan intensi pembelian pada mobile branded application: Integrasi teori uses and gratification dan theory of planned behavior
Author Angginistanti Fairuz Hanun;
Publisher Depok:Fasilkom UI,2021
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1893 (Softcopy SK-1375) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 48890
ABSTRAK Nama : Angginistanti Fairuz Hanun Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Faktor Penentu Sikap dan Intensi Pembelian pada Mobile Branded Application: Integrasi Teori Uses and Gratification dan Theory of Planned Behavior Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom, dan Annisa Monicha Sari, S.Kom., M.Kom Mobile branded application (branded apps) adalah saluran daring perusahaan untuk melayani pelanggan serta menampilkan identitas merek. Platform ini menjadi keunggulan perusahaan yang diprediksi pertumbuhannya beberapa tahun kedepan. Namun, ditemukan persentase uninstall aplikasi berbelanja tahun 2020 di Indonesia yang beresiko terhadap penggunaan branded apps. Oleh karena itu, diperlukan pemahaman mengenai faktor yang memicu sikap dan intensi pembelian berdasarkan perspektif kebutuhan dan keyakinan pengguna. Penelitian ini mengadopsi teori uses and gratification dan theory of planned behavior untuk memahami perilaku konsumen. Model penelitian meliputi 1) uses and gratification (ease of use, money saving, delivery experience, hedonic benefit, learning benefit, dan social presence), 2) theory of planned behavior (attitude, subjective norm, dan perceived behavioral control), dan 3) purchase intention. Analisis data dilakukan menggunakan metode PLS-SEM dengan 471 responden. Hasil analisis menemukan pengaruh motivasi kebutuhan terhadap attitude dan purchase intention; faktor ease of use, money saving, hedonic benefit, learning benefit, dan social presence memengaruhi attitude; faktor ease of use, money saving, hedonic benefit, dan learning benefit memengaruhi purchase intention. Hasil analisis juga membuktikan attitude, subjective norm, dan perceived behavioral control memengaruhi purchase intention. Penelitian ini memberikan implikasi teoretis berupa keterbaruan konteks branded apps, serta implikasi praktis bagi perusahaan pengembang aplikasi, dan perusahaan penyedia branded apps.