Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1894 (Softcopy SK-1376)
Collection Type Skripsi
Title Pengembangan desain interaksi aplikasi learning resources Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) tingkat dasar dengan metode user-centered design
Author Oktafia Sutanti;
Publisher Depok:Fasilkom UI,2021
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1894 (Softcopy SK-1376) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 48891
ABSTRAK Nama : Oktafia Sutanti Program Studi : Sistem Informasi Judul : Pengembangan Desain Interaksi Aplikasi Learning Resources Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) Tingkat Dasar dengan Metode User-Centered Design Pembimbing : Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D & Dr. Drs. R. Yugo Kartono Isal, M.Sc. Pada tahun 2019 terdapat 7,03% dari penyandang disabilitas di Indonesia merupakan disabilitas rungu atau tuli (Kemensos, 2019). Cara berkomunikasi yang biasanya digunakan oleh penyandang tuli adalah bahasa isyarat dan umumnya menggunakan BISINDO, karena merupakan bahasa isyarat alami dari tuli serta lebih mudah dipahami. Pada umumnya penyandang tuli mengalami kesulitan untuk berkomunikasi dengan lingkungan sekitar, karena keterbatasan kemampuan bahasa isyarat dari lingkungan sekitar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan dan kendala dalam mempelajari BISINDO di tingkat dasar, kemudian memberikan solusi fitur dan rancangan desain interaksi untuk menunjang kebutuhan pengguna dalam mempelajari BISINDO pada tingkat dasar. BISINDO yang digunakan pada penelitian adalah BISINDO DKI Jakarta. Pengembangan desain interaksi yang digunakan pada penelitian adalah metode UserCentered Design. Untuk mengidentifikasi kebutuhan dan kendala pengguna, dilakukan wawancara kepada orang-orang yang pernah atau sedang mempelajari BISINDO DKI Jakarta di tingkat dasar dan wawancara bersama pakar ahli di bidang bahasa isyarat maupun BISINDO. Hasil analisis identifikasi pengguna diberikan solusi berupa prototipe high-fidelity design dengan menerapkan prinsip Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design. Hasil prototipe dari rancangan desain kemudian di evaluasi dengan melakukan usability testing dan penilaian System Usability Scale. Dari hasil evaluasi diperoleh bahwa usability dari rancangan desain aplikasi sudah cukup baik dalam mendukung pembelajaran BISINDO di tingkat dasar dan dapat diterima dengan baik.