Tidak ada review pada koleksi ini: 50716
ABSTRAK
Nama : Ariana Yunita
Program Studi : Doktor Ilmu Komputer
Judul : Data Analytics on Students' Academic Achievement using Machine
Learning
Pembimbing : Harry Budi Santoso, Ph.D
Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D
Prof. Dr.Eng. Wisnu Jatmiko
Selama ini, mahasiswa yang lulus atau gagal terdeteksi pada akhir periode akademik.
Pada saat itu, membantu mereka sudah terlambat. Akibatnya, mahasiswa yang gagal
kehilangan banyak kesempatan. Oleh karena itu, prediksi prestasi akademik mahasiswa
diperlukan di awal untuk menghindari kegagalan mahasiswa. Penelitian mengenai
prediksi yang merupakan salah satu bidang dari Learning Analytics merupakan hal yang
lumrah. Namun, penelitian ini tetap menjadi tantangan karena banyak faktor yang
memengaruhi mahasiswa, dan saat ini data tersebar di mana-mana. Untuk mengatasi
masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk memprediksi dan menentukan prestasi
akademik siswa. Penelitian ini mengadopsi “End-To-End of Life Cycle Automation
System” sebagai kerangka penelitian. Ide utamanya adalah “Everything is Data” dan data
dapat dikumpulkan, diproses dan menghasilkan pola dan wawasan yang berarti bagi
setiap pemangku kepentingan untuk mengambil keputusan. Studi ini mengumpulkan data
mahasiswa dan institusi pendidikan tinggi dari berbagai sumber, termasuk database
pendidikan tinggi nasional, data crawling, database terkait lainnya, dll. Studi ini
menghasilkan faktor mahasiswa yang berkontribusi terhadap prestasi akademik dari
literatur dan dari praktik terbaik. Faktor-faktor yang berkontribusi terhadap prestasi
akademik siswa dari sisi teoritis didefinisikan sebagai delapan faktor: demografi,
pembelajaran mandiri, teknologi, keterlibatan kursus siswa, sosial budaya, aktivitas di
kelas, sistem pendidikan, dan kepribadian. Selanjutnya, dari sisi praktis, studi ini
menghasilkan ekosistem big data awal pendidikan tinggi di Indonesia. Data mentah
adalah data mahasiswa dari lima belas perguruan tinggi di Indonesia, dari tahun 2011
hingga 2019, mewakili Indonesia Timur, Indonesia Tengah, dan Indonesia Barat. Studi
ini juga menghasilkan profil siswa yang dihasilkan dari ekosistem big data. Terdapat tujuh
klaster siswa yang diberi label menjadi: Siswa Berisiko Sangat Tinggi, Siswa Berisiko
Tinggi, Siswa Gagal, Siswa Berisiko Berfluktuasi, Siswa Beresiko Sedang, Siswa
Beresiko Rendah, dan Siswa Beresiko Sangat Rendah. Prediksi temporal juga dilakukan,
dan dari semester pertama hingga semester keempat, dengan menggunakan Random
Forest, akurasinya antara 83-92%. Berdasarkan struktur pohon dan ciri-ciri penting yang
dihasilkan pada tahap penelitian sebelumnya, maka dibuatlah resep untuk pemangku
kepentingan terkait: Perguruan Tinggi, dan pimpinan program studi atau dosen. Model
deskriptif, prediktif dan preskriptif ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pemangku
kepentingan terkait untuk secara pribadi melakukan intervensi pada siswa yang berisiko
dan mendukung siswa dengan prestasi akademik yang lebih tinggi. Studi ini menyiratkan
viii
bahwa beberapa fitur institusi, seperti jumlah publikasi di setiap institusi dan kualitas
dosen, dapat berkontribusi pada prestasi akademik mahasiswa.
Kata kunci: data berskala besar, penggalian data, pemelajaran mesin, Pendidikan tinggi,
model prediksi, preskripsi