Tidak ada review pada koleksi ini: 50984
ABSTRAK
Nama : Ananto Tri Sasongko
Program Studi : Doktor Ilmu Komputer
Judul : OH-AODV : Protokol Perutean Andal untuk Aplikasi
Keselamatan di Jaringan Ad hoc Kendaraan
Pembimbing : Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko, S.T., M.Kom.
Berdasarkan data World Health Organization (WHO) tahun 2019, kecelakaan lalu
lintas mengakibatkan kematian 1,28 juta orang tiap tahunnya dan menjadi penyebab
kematian tertinggi ke-12 di dunia. Di Indonesia, menurut Biro Pusat Statistik (BPS),
pada tahun 2018 terjadi 29.472 kematian dan 143.886 cedera berat dan ringan akibat
kecelakaan lalu lintas. Sejatinya, fatalitas kecelakaan lalu lintas tersebut dapat
ditekan dan dicegah dengan menerapkan road safety applications (aplikasi
keselamatan jalan) menggunakan Intelligent Transportation Systems (ITS) dengan
teknologi telekomunikasi pendukungnya yaitu Vehicular Ad hoc Networks
(VANETs) atau Jaringan Ad hoc Kendaraan. Karena VANET merupakan jaringan
telekomunikasi nirkabel bergerak dengan banyak node, maka protokol perutean
berperan sangat penting dalam transmisi pesan aplikasi keselamatan. Kondisi
topologi VANET yang dinamis mengakibatkan degradasi kinerja jaringan,
sehingga diperlukan protokol perutean andal yang memenuhi syarat aplikasi
keselamatan dengan EED<400 ms, PDR>95%, Reliability>0.99. Namun demikian,
protokol perutean saat ini pada umumnya belum memfokuskan EED kecil sebagai
kriteria utamanya, oleh sebab itu dikembangkan protokol perutean usulan ini.
Protokol perutean usulan dikembangkan dengan strategi cross-layer (kolaborasi
physical layer dan network layer), penerapan Received Signal Strength dan node
relai terjauh yang memenuhi nilai threshold untuk menemukan rute terbaik dengan
latensi tersingkat dan jumlah hop paling optimal. Protokol perutean usulan
dinamakan Optimasi Hop AODV (OH-AODV) yang dikembangkan berbasiskan
protokol Ad hoc On-demand Distance Vector (AODV). Berdasarkan simulasi,
protokol OH-AODV dapat mencapai EED<400 ms, PDR>95%, dan
Reliability>0,99 secara mayoritas sehingga memenuhi syarat aplikasi keselamatan
jalan dengan kondisi dan batasan yang didefinisikan dalam simulasi. Hasil simulasi
menunjukkan bahwa protokol perutean OH-AODV mempunyai kinerja EED 3 kali
lebih baik dibandingkan AODV dengan PDR dan Reliability yang setara. Sehingga,
protokol OH-AODV layak sebagai kandidat protokol perutean untuk aplikasi
keselamatan jalan di Jaringan Ad hoc Kendaraan.
Kata Kunci:
protokol perutean, aplikasi keselamatan, optimasi hop, Intelligent Transportation
Systems (ITS), Vehicular Ad hoc Networks (VANETs), Packet Delivery Ratio (PDR),
En- to-End Delay (EED), Reliability, Ad hoc On demand Distance Vector (AODV).