Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2044 (Softcopy SK-1526)
Collection Type Skripsi
Title Analisis faktor-faktor yang memengaruhi niat berwisata pengguna media sosial berbasis video pendek: studi kasus pada aplikasi tiktok
Author Denny Octavian, Suwandi Kurniawan, Winalton Bong;
Publisher Depok:Fasilkom UI,2022
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2044 (Softcopy SK-1526) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 51006
ABSTRAK Nama : Denny Octavian, Suwandi Kurniawan, Winalton Bong Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Berwisata Pengguna Media Sosial Berbasis Video Pendek: Studi Kasus pada Aplikasi TikTok Pembimbing : Prof. A. Nizar Hidayanto, Dr. & Fatimah Azzahro, S.Kom., M.Kom., M.Sc. Konten TikTok memiliki konten beragam jenis, salah satunya adalah konten tempat wisata. Penelitian ini ingin mencari tahu mengenai terdapat dampak dari konten yang telah dipersonalisasi khusus terhadap pengguna serta faktor lain berupa kualitas dari konten seperti konten yang menghibur, kreatif, dapat dipercaya, dan informatif dapat membuat seseorang merasa takjub dan merasa berguna yang memicu seseorang ingin mendatangi tempat tersebut. Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui media sosial dan wawancara kepada 6 responden kuesioner yang terpilih. Penelitian ini mendapatkan jumlah responden yang valid sebanyak 590 responden. Pengolahan kuantitatif pada penelitian ini menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS-SEM) serta Partial Least Square Multi Group Analysis (PLS-MGA) menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian ini menunjukan konten yang dipersonalisasi kepada pengguna mempengaruhi entertainment, creativity, informativeness, credibility dan visit intention pengguna. Sementara itu entertainment dan creativity pada suatu konten membuat pengguna merasa kagum terhadap konten dan informativeness dan credibility pada suatu konten membuat pengguna merasa konten tersebut berguna, serta pengguna merasa kagum dan konten berguna mempengaruhi visit intention seseorang. Hasil PLS-MGA menjelaskan terdapat perbedaan moderasi antara generasi Z dan Milenial pada personalisasi konten terhadap tingkat kreativitas konten, serta rasa berguna dari konten terhadap visit intention. Kata Kunci : Personalisasi, TikTok, Niat Wisata, Generasi Z, Generasi Milenial