Tidak ada review pada koleksi ini: 51112
ABSTRAK
Nama : Tuti Purwoningsih
Program Studi : Doktor Ilmu Komputer
Judul : Model E-Learning berbasis Konteks Pembelajaran Mahasiswa
pada Pendidikan Jarak Jauh.
Pembimbing : Prof. Dr. Eng. Wisnu Jatmiko, Prof. Zainal A. Hasibuan, Ph.D.,
& Harry Budi Santoso, Ph.D.
Dalam beberapa dekade terakhir, penyelenggaraan e-Learning telah meningkatkan
akses dan pemerataan pendidikan. Berbagai format penyelenggaraan E-Learning
telah dilakukan, termasuk pada konteks Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Seiring
dengan perkembangan teknologi informasi dan variasi implementasinya,
penyelenggaraan e-Learning menghasilkan data aktivitas pembelajaran yang
volumenya semakin besar dalam waktu yang relatif cepat. Kendati demikian, datadata tersebut belum dapat memberikan informasi dan pengetahuan yang berarti
tanpa ada proses eksplorasi dan analisis data yang dikenal dengan Learning
Analytics (LA). Sementara ini, penelitian LA tentang konteks pembelajaran eLearning pada PJJ yang menggunakan data besar belum banyak dilakukan. Tujuan
dari penelitian ini adalah menghasilkan sebuah model e-Learning berbasis konteks
pembelajaran mahasiswa pada PJJ. Melalui penelitian ini diidentifikasi fitur apa
saja yang dibutuhkan untuk membangun model konteks pembelajaran mahasiswa
e-Learning pada PJJ, pengaruh fitur-fitur model konteks pembelajaran terhadap
prediksi prestasi akademik mahasiswa e-Learning pada PJJ, dan pengaruh model
konteks pembelajaran tersebut terhadap preskripsi strategi instruksional daring.
Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari logs Learning
Management System (LMS) dan Sistem Informasi Akademik Universitas Terbuka
(SIA-UT). Pengolahan data tersebut menggunakan teknik Exploratory Data
Analysis (EDA) dan model pengklasifikasi Machine Learning (ML) dengan
eXtreme Gradient Boosting (XGBoost) untuk memprediksi prestasi akademik
mahasiswa. Adapun model validasi yang digunakan adalah k-fold cross-validation
dan Shapley Additive exPlanations (SHAP) untuk menginterpretasikan kontribusi
fitur pada prediksi prestasi akademik mahasiswa e-Learning pada PJJ. Dataset
dalam penelitian ini termasuk multiclass imbalanced maka dilakukan oversampling
menggunakan teknik Synthetic Minority Oversampling Technique (SMOTE) dan
Adaptive Synthetic Sampling (ADASYN). Selanjutnya, penelitian ini menggunakan
metrik The Area Under the ROC Curve (AUC) sebagai indikator kinerja evaluasi
model. Model preskriptif pada penelitian ini menggunakan analisis heuristik
sebagai seperangkat aturan “bagaimana-jika”. Hasil evaluasi dan eksperimen
menunjukkan bahwa fitur-fitur yang digunakan untuk membangun model konteks
pembelajaran mahasiswa e-Learning pada PJJ terdiri dari: (1) data aktivitas dan
perilaku pembelajaran mahasiswa selama proses pembelajaran, (2) data profil
demografi dan akademik mahasiswa, serta kebiasaan belajar mahasiswa. Model
pengklasifikasi XGBoost memiliki kinerja rata-rata mikro AUC sebesar 0,92. Selain
viii Universitas Indonesia
itu, nilai metrik AUC stabil dalam validasi model, k-fold cross-validation = 10. Dua
nilai tersebut menunjukkan kemampuan teknik yang digunakan dalam penelitian
ini dalam mendeteksi prestasi akademik mahasiswa. Analisis visual dari prediksi
XGBoost dan SHAP mengungkapkan pola kepentingan fitur setiap kelas prestasi
akademik untuk setiap kelas memiliki kekhasan yang berbeda-beda. Berdasarkan
analisis heuristik, preskripsi strategi instruksional pada penelitian ini berhubungan
dengan Teori Maslow, self-regulated learning, pedagogi pembelajaran daring, dan
level taksonomi digital Bloom. Strategi instruksional dan prestasi akademik
memiliki hubungan yang signifikan karena mahasiswa secara aktif memproses
informasi sehingga mempengaruhi penguasan terhadap materi bahan ajar. Hasil
penelitian ini dapat menjadi pilihan pendidik maupun institusi PJJ menyusun
strategi intruksional yang lebih tepat sesuai dengan karakteristik mahasiswa.
Kata Kunci: e-Learning, exploratory data analysis, machine learning, learning
analytics, konteks pembelajaran, strategi instruksiona