Tidak ada review pada koleksi ini: 51163
Nama : Fahira Anya Katili, Fayza Azzahra Robby
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : Analisis Pengaruh Modul Loyalty Program GoClub Terhadap
Loyalitas Pengguna dalam Menggunakan Aplikasi Gojek
Pembimbing : Dr. Putu Wuri Handayani, S.Kom., M.Sc.
Dewasa ini, perkembangan industri ride-hailing menjadi sorotan dalam sektor m-
commerce. Dengan industri ride-hailing yang semakin kompetitif, penyedia layanan
mulai berinovasi untuk mempertahankan pelanggan yang ada, salah satunya dengan
mengadakan program loyalitas (loyalty program). Namun, tidak semua loyalty program
membuahkan hasil yang sesuai harapan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui apakah loyalty program yang diadakan oleh Gojek, yaitu GoClub,
berpengaruh pada loyalitas pengguna Gojek. Untuk meneliti hal tersebut, penulis
menggunakan teori dari DeLone and McLean IS Success Model dan Theory of Planned
Behavior. Pendekatan kuantitatif pada penelitian ini memanfaatkan data yang diperoleh
melalui kuesioner daring dengan total 555 responden. Kemudian, data diolah
menggunakan metode partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM)
dengan perangkat lunak SmartPLS 3. Hasil analisis data menunjukkan bahwa information
quality, service quality, system quality, dan perceived value memengaruhi satisfaction of
using GoClub loyalty program secara signifikan. Ditemukan juga bahwa attitude,
subjective norm, perceived behavioral control, dan perceived value berpengaruh pada
customer loyalty to Gojek application. Berikutnya, tidak ditemukan adanya pengaruh
antara satisfaction of using GoClub loyalty program terhadap customer loyalty to Gojek
application. Penolakan hipotesis tersebut telah tervalidasi melalui wawancara terhadap
20 pengguna aktif loyalty program GoClub, dan ditemukan bahwa ketika bertransaksi,
faktor lain seperti harga lebih diprioritaskan dibandingkan dengan jumlah poin (XP) yang
akan diperoleh pada loyalty program. Dengan demikian, penelitian ini berkontribusi
dalam mengisi celah penelitian mengenai loyalty program GoClub dan pengaruhnya
terhadap loyalitas pengguna. Selain itu, temuan penelitian ini dapat dijadikan dasar bagi
pihak perusahaan Gojek untuk meningkatkan loyalitas penggunanya dengan
memanfaatkan loyalty program GoClub sebagai pendorong utama.
Kata kunci: kepuasan pengguna, program loyalitas, loyalitas pengguna, GoClub,
Gojek