Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2083 (Softcopy SK-1565)
Collection Type Skripsi
Title Analisis faktor-faktor yang memengaruhi intensi penggunaan keberlanjutan aplikasi mobile-assisted language learning
Author Ferdinand Hanif Faozi;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2022
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2083 (Softcopy SK-1565) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 51284
ABSTRAK Nama : Ferdinand Hanif Faozi Program Studi : Sistem Informasi, Program Sarjana Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Intensi Penggunaan Keberlanjutan Aplikasi Mobile-Assisted Language Learning Pembimbing : Dr. Putu Wuri Handayani, S.Kom., M.Sc. Sejak adanya fenomena pandemi COVID-19, kebutuhan lembaga pendidikan bahasa di Indonesia untuk memanfaatkan aplikasi Mobile-Assisted language learning meningkat dan nilai pasar aplikasi pada kategori tersebut secara global juga meningkat. Hal ini harus diimbangi dengan moda aktivitas pada aplikasi yang mumpuni, untuk mendukung aktivitas belajar berkepanjangan. Penelitian ini memiliki objektif menganalisis faktor yang mempengaruhi intensi penggunaan keberlanjutan aplikasi mobile language learning. Penelitian dirancang menggunakan tiga teori utama, yaitu Expectation-Confirmation Model (ECM), Self-Determination Theory, dan Self-Regulation Skill. Penelitian dilakukan dengan pendekatan mixed method, dengan pendekatan kuantitatif pada 445 responden yang pernah menggunakan aplikasi Mobile-Assisted Language Learning dan penelitian kualitatif pada 17 narasumber untuk eksplorasi. Pengolahan dan analisis data dilakukan dengan Covariance- Based Structural Equation Modelling (CB-SEM) menggunakan AMOS 24. Hasil penelitian menunjukkan intensi penggunaan keberlanjutan dipengaruhi tiga poin, yaitu kebermanfaatan, kepuasan, dan kemampuan regulasi diri pengguna. Aspek kemampuan regulasi diri dipengaruhi oleh motivasi integratif. Pemenuhan ketiga kebutuhan dasar psikologis manusia mampu mempengaruhi kepuasan pengguna dan motivasi integratif. Selain itu, faktor kebermanfaatan dan konfirmasi juga memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna dan faktor konfirmasi juga memiliki pengaruh terhadap nilai kebermanfaatan yang dirasakan pengguna. Studi ini diharapkan dapat bermanfaat bagi penyedia layanan aplikasi Mobile- Assisted language learning dan institusi kursus untuk merancang fitur aplikasi yang paling sesuai dengan kebutuhan pelajar. Kata kunci: Aplikasi Mobile-Assisted Language Learning, language learning, expectation- confirmation model, self-regulation skill, self-determination theory, intensi penggunaan keberlanjutan