Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2098 (Softcopy SK-1580)
Collection Type Skripsi
Title Analisis faktor-faktor yang memengaruhi niat freelancer untuk berpartisipasi dalam kontes pada platform crowdsourcing
Author Aransandya Pangesthika Arrumy, Herbiyona;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2023
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2098 (Softcopy SK-1580) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 51316
ABSTRAK Nama : Aransandya Pangesthika Arrumy, Herbiyona Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi Niat Freelancer untuk Berpartisipasi dalam Kontes pada Platform Crowdsourcing Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, M.Kom & Widia Resti Fitriani, S.Kom., M.Kom. Pada masa COVID-19, angka pengangguran meningkat akibat dampak dari PHK yang dilakukan oleh perusahaan sehingga banyak yang beralih menjadi freelancer. Salah satu opsi untuk mendapatkan penghasilan bagi freelancer adalah dengan mengikuti kontes pada platform crowdsourcing. Dalam kontes pada platform crowdsourcing, partisipasi merupakan hal yang penting untuk keberlangsungan kontes tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi niat freelancer untuk berpartisipasi dalam kontes pada platform crowdsourcing. Untuk mengidentifikasi faktor-faktor tersebut, penelitian ini menggunakan gabungan antara Elaboration Likelihood Model (ELM) dan trust transfer theory. Penelitian ini memperoleh data dari 392 responden yang merupakan freelancer dan pernah dan/atau berminat untuk berpartisipasi dalam kontes pada platform crowdsourcing. Data kemudian dianalisis secara kuantitatif menggunakan metode PLS-SEM dan dianalisis secara kualitatif dengan metode thematic analysis. Hasil penelitian dari tahapan analisis kuantitatif dan kualitatif menunjukkan bahwa variabel monetary reward dan contest information quality yang termasuk ke dalam central route memengaruhi trust in contest secara signifikan. Kemudian, hasil juga menunjukkan bahwa variabel other freelancers’ endorsement, system quality, dan platform reputation yang termasuk ke dalam peripheral route memengaruhi trust in platform secara signifikan. Penelitian ini juga membuktikan adanya trust transfer antara trust in platform dan trust in contest. Selain itu, penelitian ini juga membuktikan bahwa trust in platform dan trust in contest memengaruhi participation intention secara signifikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengisi celah penelitian mengenai kontes pada platform crowdsourcing dan partisipasi freelancer dalam kontes tersebut. Hasil ini juga diharapkan dapat menjadi saran bagi pihak pengembang platform crowdsourcing dan penyelenggara kontes crowdsourcing untuk dapat merancang kontes dengan baik sehingga mendorong partisipasi freelancer. Kata kunci: Freelancer, Crowdsourcing, Platform Crowdsourcing, Kontes Crowdsourcing, Partisipasi, Elaboration Likelihood Model, Trust Transfer Theory, PLS-SEM, Thematic Analysis