Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2148 (Softcopy SK-1630)
Collection Type Skripsi
Title Analisis faktor usability, social interaction, dan browsing activity pada akun menfess (mention confesss) twitter terhadap perilaku impulsive buying
Author Dzul Fiqar Aditya Widhiartanto, Priyanty Nurul Fatimah, Rafi Ismail;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2023
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2148 (Softcopy SK-1630) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 51381
ABSTRAK Nama : Dzul Fiqar Aditya Widhiartanto, Priyanty Nurul Fatimah, Rafi Ismail Program Studi : Sistem Informasi Judul : ANALISIS FAKTOR USABILITY, SOCIAL INTERACTION, DAN BROWSING ACTIVITY PADA AKUN MENFESS (MENTION CONFESS) TWITTER TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING Pembimbing : Prof. Yudho Giri Sucahyo, S.Kom., M.Kom., Ph.D. & Fathia Prinastiti Sunarso, M.Sc. Twitter adalah salah satu media sosial berbasis teks terbesar di dunia dengan berbagai fitur yang menunjang aktivitas komunikasi penggunanya. Seiring berjalannya waktu, pengguna dapat mengirimkan pesan kepada akun menfess sesuai minat dan preferensi mereka, yang kemudian akan mengunggah kembali pesan itu secara publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor usability, social interaction, dan browsing activity yang memengaruhi perilaku impulsive buying pengguna menfess Twitter. Penelitian ini dilakukan dengan mixed-method. Penelitian kualitatif dilakukan dengan melakukan wawancara bersama 10 narasumber pengguna Twitter yang pernah berinteraksi dengan akun menfess Twitter. Data kualitatif yang telah terkumpul diolah menggunakan grounded theory. Hasil pengolahan data kualitatif digunakan sebagai acuan pembentukan instrumen kuantitatif. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan menyebarkan kuesioner online dengan 918 responden pengguna menfess Twitter yang pernah melakukan transaksi pembelian setelah mendapatkan informasi dari akun menfess Twitter. Data kuantitatif diolah dengan metode Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa content relevance, navigability, dan presentation memengaruhi perceived usability; perceived usability memengaruhi browsing activity dan social interaction; social interaction memengaruhi informativeness, baik secara langsung maupun dengan mediasi perceived interaction quality; informativeness memengaruhi perceived information quality; perceived information quality memengaruhi browsing activity dan perceived enjoyment; browsing activity dan perceived enjoyment memengaruhi urge to buy impulsively; dan urge to buy impulsively memengaruhi actual purchase secara langsung serta melalui cognitive evaluation. Penelitian ini melengkapi pengetahuan di bidang usability, social interaction, dan browsing activity pada praktik akun menfess Twitter. Hasil penelitian dapat dimanfaatkan oleh pengembang Twitter untuk mengembangkan Twitter sebagai media interaksi berbasis menfess. Kata kunci: Twitter, mention confess, menfess, usability, social interaction, browsing activity, impulsive buying, partial least squares structural equation modeling