Tidak ada review pada koleksi ini: 51381
ABSTRAK
Nama : Dzul Fiqar Aditya Widhiartanto, Priyanty Nurul Fatimah,
Rafi Ismail
Program Studi : Sistem Informasi
Judul : ANALISIS FAKTOR USABILITY, SOCIAL
INTERACTION, DAN BROWSING ACTIVITY PADA
AKUN MENFESS (MENTION CONFESS) TWITTER
TERHADAP PERILAKU IMPULSIVE BUYING
Pembimbing : Prof. Yudho Giri Sucahyo, S.Kom., M.Kom., Ph.D. &
Fathia Prinastiti Sunarso, M.Sc.
Twitter adalah salah satu media sosial berbasis teks terbesar di dunia dengan
berbagai fitur yang menunjang aktivitas komunikasi penggunanya. Seiring
berjalannya waktu, pengguna dapat mengirimkan pesan kepada akun menfess
sesuai minat dan preferensi mereka, yang kemudian akan mengunggah kembali
pesan itu secara publik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor
usability, social interaction, dan browsing activity yang memengaruhi perilaku
impulsive buying pengguna menfess Twitter. Penelitian ini dilakukan dengan
mixed-method. Penelitian kualitatif dilakukan dengan melakukan wawancara
bersama 10 narasumber pengguna Twitter yang pernah berinteraksi dengan akun
menfess Twitter. Data kualitatif yang telah terkumpul diolah menggunakan
grounded theory. Hasil pengolahan data kualitatif digunakan sebagai acuan
pembentukan instrumen kuantitatif. Penelitian kuantitatif dilakukan dengan
menyebarkan kuesioner online dengan 918 responden pengguna menfess Twitter
yang pernah melakukan transaksi pembelian setelah mendapatkan informasi dari
akun menfess Twitter. Data kuantitatif diolah dengan metode Structural Equation
Model Partial Least Square (PLS-SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa
content relevance, navigability, dan presentation memengaruhi perceived
usability; perceived usability memengaruhi browsing activity dan social
interaction; social interaction memengaruhi informativeness, baik secara langsung
maupun dengan mediasi perceived interaction quality; informativeness
memengaruhi perceived information quality; perceived information quality
memengaruhi browsing activity dan perceived enjoyment; browsing activity dan
perceived enjoyment memengaruhi urge to buy impulsively; dan urge to buy
impulsively memengaruhi actual purchase secara langsung serta melalui cognitive
evaluation. Penelitian ini melengkapi pengetahuan di bidang usability, social
interaction, dan browsing activity pada praktik akun menfess Twitter. Hasil
penelitian dapat dimanfaatkan oleh pengembang Twitter untuk mengembangkan
Twitter sebagai media interaksi berbasis menfess.
Kata kunci:
Twitter, mention confess, menfess, usability, social interaction, browsing activity,
impulsive buying, partial least squares structural equation modeling