Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2156 (Softcopy SK-1638)
Collection Type Skripsi
Title Analisis pengaruh faktor kepercayaan dan motivasi intrinsik terhadap adopsi branchlees Bank di Indonesia
Author Muhammad Alif Herdin Besila, Thoriq Aulia;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2023
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2156 (Softcopy SK-1638) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 51395
ABSTRAK Nama : Muhammad Alif Herdin Besila, Thoriq Aulia Program Studi : Sistem Informasi dan Ilmu Komputer Judul : Analisis Pengaruh Faktor Kepercayaan dan Motivasi Intrinsik Terhadap Adopsi Branchless Bank di Indonesia Pembimbing : Dr. Muhammad Rifki Shihab, B.B.A., M.Sc. Perkembangan teknologi khususnya internet dan ponsel pintar yang semakin pesat mendorong perubahan dalam keseharian manusia dimana banyak aktivitas dapat dilakukan melalui bantuan ponsel pintar dan internet. Hal serupa juga terjadi di sektor perbankan dimana aktivitas transaksi perbankan cukup dilakukan melalui ponsel pintar. Perkembangan tersebut memunculkan jenis bank baru yaitu branchless bank yang tidak memiliki kantor layanan atau cabang. Meskipun semakin banyak digunakan, pertumbuhan penggunanya belum mencapai potensi yang diharapkan dan belum sebesar pertumbuhan pengguna internet. Selain itu bank jenis ini masih awam di Indonesia dan perlu diteliti faktor-faktor yang mempengaruhi adopsinya. Penelitian ini mencoba meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi intrinsik dan kepercayaan seseorang terhadap branchless bank, lalu bagaimana motivasi intrinsik dan kepercayaan mempengaruhi adopsi dan kepuasan pengguna branchless bank, serta dampak yang dirasakan pengguna branchless bank dan orang-orang di sekitarnya. Penelitian ini mengusung model yang diadaptasi dari Delone & McLean IS model. Responden terdiri dari 343 pengguna layanan branchless bank (dari berbagai merek). Analisis dilakukan dengan metode Partial Least Square Structural Equation Modelling (PLS- SEM) menggunakan aplikasi SmartPLS version 3.0 sebagai alat bantu. Penelitian ini menemukan bahwa perceived reputation, trust in the internet, dan perceived security berpengaruh terhadap trust. Selain itu perceived enjoyment, curiosity, dan familiarity ditemukan berpengaruh secara signifikan terhadap intrinsic motivation. Selanjutnya trust, intrinsic motivation ditemukan mendorong penggunaan dan perasaan puas terhadap branchless bank. Penggunaan sendiri juga ditemukan memengaruhi kepuasaan pengguna branchless bank. Lebih lanjut penggunaan dan kepuasan pengguna branchless bank memengaruhi time savings, intention to recommend, continuance intention, dan individual performance secara signifikan. Diharapkan penelitian ini mampu memperkaya pengetahuan, memberikan perspektif baru terkait, serta meningkatkan adopsi penggunaan branchless bank khususnya di Indonesia. Selain itu penelitian ini juga dapat digunakan untuk membantu penelitian tentang branchless bank atau bidang-bidang terkait dimasa mendatang. Kata kunci : Branchless Bank, trust, intrinsic motivation, use behavior, IS Success Model