Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-1743 (Softcopy KA-1734) MAK KA-1376
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Perancangan Sistem Manajemen Pengetahuan dengan Pendekatan KM Solution Ferdandez dan Prototyping: Studi Kasus Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi
Author I Putu Agastya Werdikatama;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2023
Subject Knowledge Management
Location FASILKOM-UI-MTI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-1743 (Softcopy KA-1734) MAK KA-1376 Ind TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 51496
ABSTRAK

Nama : I Putu Agastya Werdikatama Program Studi : Magister Teknologi Informasi Judul : Perancangan Sistem Manajemen Pengetahuan Dengan Pendekatan KM Solution Fernandez dan Prototyping: Studi Kasus Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi Pembimbing : Prof. Ir. Dana Indra Sensuse, M.LIS., Ph.D. Dr. Sofian Lusa, S.E., M.Kom.

Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) sebagai salah satu institusi pemerintah memiliki tugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait pengujian perangkat TIK. Hasil survei layanan publik Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) 2022, menunjukan layanan konsultasi dari pengguna layanan di BBPPT dinilai masih dibawah ekspektasi masyarakat. Akar dari permasalahan tersebut adalah penyebaran pengetahuan yang tidak merata di BBPPT. Tujuan dari penelitian ini adalah membuat rancangan knowledge management system (KMS), untuk menjadi acuan bagi BBPPT dalam membangun sistem informasi knowledge management system, yang akan membantu proses manajemen pengetahuan di lingkungan BBPPT agar dapat meningkatkan kualitas layanan sesuai harapan BBPPT. Penelitian ini menggunakan teori analisis faktor kontingensi KMS Fernandez untuk menentukan solusi manajemen pengetahuan serta metodologi prototyping dalam analisis dan rancangan sistem. Penelitian ini adalah mixed method research dengan penelitian secara kualitatif melalui wawancara dan FGD serta secara kuantitatif dilakukan dengan melakukan survei. Hasil dari rancangan dengan metode Fernandez menghasilkan beberapa proses KM diantaranya socialization, combination, direction, dan routine. Hasil dari rancangan diwujudkan dalam bentuk pemodelan dengan diagram UML dan prototyping. Evaluasi dari rancangan dilakukan dengan metode SUS. Penelitian ini juga memberikan rekomendasi rencana implementasi dari rancangan sistem KMS untuk BBPPT.