Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2230 (Softcopy SK-1712)
Collection Type Skripsi
Title Analisis Perilaku Impulsive Buying Melalui Live Streaming E-Commerce Shopee Live menggunakan Expectation Confirmation Model (ECM) dengan Perceived Value dan Customer Situation
Author Tari Trinath;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2023
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2230 (Softcopy SK-1712) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 51566
ABSTRAK Nama : Tari Trinatha Program Studi : Sistem Informasi Judul : ANALISIS PERILAKU IMPULSIVE BUYING MELALUI LIVE STREAMING E-COMMERCE SHOPEE LIVE MENGGUNAKAN EXPECTATION CONFIRMATION MODEL (ECM) DENGAN PERCEIVED VALUE DAN CUSTOMER SITUATION Perkembangan teknologi telah mengeksplorasi berbagai sektor di kehidupan termasuk sektor pembelanjaan, seperti e-commerce. Penetrasi internet dan peningkatan penggunaan smartphone membuka potensi keberlangsungan dan perluasan ranah e-commerce termasuk ragam media belanja yang semakin beragam, salah satunya live streaming. Live streaming pada e-commerce atau dikenal pula sebagai aktivitas live shopping menjembatani aktivitas pembelian tradisional secara tatap muka dengan pembelian online. Shopee sebagai salah satu e-commerce terbesar di Indonesia memperkenalkan fitur live streaming bernama Shopee Live pada 6 Juni 2019. Seiring tren kemunculan live streaming pada e-commerce di Indonesia, penting untuk mempelajari perilaku konsumen melalui media tersebut sebagai channel pembelian, salah satunya impulsive buying. Penelitian ini menggunakan pemodelan expectation confirmation model (ECM) untuk mengetahui bagaimana konfirmasi memengaruhi persepsi pengguna dan kemudian memicu dorongan perilaku impulsive buying dengan menganalisis perceived value berupa utilitarian (visualization dan interactivity), hedonic (entertainment dan best deal), dan social value (self-esteem, status, dan homophily). Selain itu, penelitian ini juga menganalisis pengaruh faktor customer situation (time availability dan money availability). Hasil analisis membuktikan bahwa confirmation berpengaruh positif terhadap perceived value dan satisfaction, perceived value berpengaruh positif terhadap satisfaction dan impulsive buying, satisfaction berpengaruh positif terhadap impulsive buying, serta time availability dan money availability berpengaruh positif terhadap impulsive buying. Penelitian ini diharapkan dapat mengisi celah penelitian terdahulu serta dapat memberikan manfaat terhadap industri live streaming commerce di Indonesia. Kata Kunci: Impulsive Buying, Live Streaming Commerce, Expectation Confirmation Model (ECM).