Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number LAPORAN LK-03
Collection Type LAPORAN LAYANAN KONSULTASI
Title Strategi Transformasi Digital dalam Menghadapi Era New Normal pada Perusahaan Startup Pengembangan Perangkat Lunak & IOT: Studi Kasus Goodeva
Author Agustinus Dwiutomo Pristya Putra;
Publisher
Subject
Location
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
LAPORAN LK-03 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 51631
EXECUTIVE SUMMARY

Topik Strategi transformasi digital dalam menghadapi era new normal pada perusahaan Goodeva Latar belakang Pada era new normal saat ini, secara khusus dalam menghadapi situasi VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity dan Ambiguity) setelah masuknya wabah pandemi covid-19 di Indonesia, perusahaan rintisan startup harus mampu beradaptasi untuk memanfaatkan momentum yang ada, dengan cara melakukan transformasi digital dalam menghadapi krisis yang terjadi. Dampak dari krisis tersebut menyebabkan ratio pencapaian target tahun 2020 atau setelah pandemi pada perusahaan tempat studi kasus tidak sesuai dengan yang diharapkan. Identifikasi Masalah Rasio pencapaian target perusahaan pada tahun 2020 (Setelah Pandemi) kurang dari 50% dari target yang diharapkan Akar Masalah Belum adanya strategi transformasi digital yang relevan untuk menghadapi new normal Tahapan Proses Analisis Tahapan Proses dari penelitian untuk menghasilkan layanan konsultasi ini adalah dengan menggunakan analisis PESTEL, Porter five forces, SWOT, Benchmarking, BMC, dan analisis tren. Tahapan selanjutnya adalah dengan mendefinisikan strategi dengan menggunakan Digital Leadership framework dari Gupta yang terdiri 4 tahapan yaitu: (1) reimagine your business, (2) reevaluate your value chain (3) reconnect with your customer dan (4) rebuild your organization Hasil & Solusi 16 strategi transformasi digital yang sesuai dengan situasi new normal dan telah divalidasi oleh expert dari pihak eksternal. Rekomendasi Perusahaan perlu memiliki strategi transformasi digital yang relevan untuk menghadapi new normal. Perusahaan diharapkan dapat menerapkan 16 strategi transformasi digital yang dihasilkan dari penelitian yang telah dilakukan.