Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number Dis-125 (Softcopy Dis-116) MAK PI-26-27 TR-CSUI-62-64 Source Code-40
Collection Type Disertasi
Title Analisis Konten Otomatis Level Kehadiran Kognitif pada Transkrip Teks Diskusi Asinkron Berbahasa Indonesia Menggunakan Bert Language Model
Author Mubarik Ahmad;
Publisher Depok, Fasilkom UI, 2024
Subject Automated content analysis
Location
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
Dis-125 (Softcopy Dis-116) MAK PI-26-27 TR-CSUI-62-64 Source Code-40 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 54653
ABSTRAK

Nama : Mubarik Ahmad Program Studi : Doktor Ilmu Komputer Judul : Analisis Konten Otomatis Level Kehadiran Kognitif pada Transkrip Teks Diskusi Asinkron Berbahasa Indonesia Menggunakan BERT Language Model Pembimbing : Prof. Dr. Dra. Kasiyah, M.Sc. Prof. Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D. Forum diskusi asinkron adalah salah satu media pembelajaran kolaboratif daring yang mampu mendorong pemikiran kritis, pertukaran gagasan, dan pembentukan pengetahuan. Analisis konten merupakan metode ilmiah yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi keterampilan berpikir kritis dari transkrip pada forum diskusi asinkron. Metode analisis konten konvensional membutuhkan tahapan pengodean manual yang membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Hal ini dapat mengakibatkan pengajar terlambat dalam memberikan intervensi instruksional karena informasi keterampilan berpikir kritis tidak dapat diperoleh secara cepat. Penelitian ini mengacu pada kerangka kerja Community of Inquiry (CoI) di mana keterampilan berpikir kritis dioperasionalisasikan melalui empat level dalam kehadiran kognitif yaitu pemantik diskusi, eksplorasi, integrasi, dan resolusi. Tujuan penelitian adalah mengembangkan model klasifikasi berbasis machine learning yang mampu menganalisis secara otomatis kehadiran kognitif pada transkrip diskusi berbahasa Indonesia. Desain penelitian menggunakan metode campuran kuantitatif dan kualitatif. Data eksperimen berjumlah 1.200 pesan diskusi dari mata kuliah Aljabar Linear di lingkungan pembelajaran bauran (blended learning). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan mahasiswa dalam mengelola pembelajaran dan lingkungan e-learning berpengaruh signifikan terhadap pengembangan kehadiran sosial dan kehadiran kognitif. Dataset level kehadiran kognitif pada transkrip diskusi asinkron dibangun dengan metode analisis konten yang reliabel kategori hampir sempurna (Cohen’s kappa = 0,88). Eksperimen pengembangan model analisis kehadiran kognitif menggunakan sepuluh basis algoritma yaitu XGBoost, Random Forest, Support Vector Machine, Logistic Regression, Naïve Bayes, Convolutional Neural Network (CNN), Long Short-Term Memory (LSTM), IndoBERT-base, IndoBERT-large dan XLM-RoBERTa. Model berbasis IndoBERT-large memiliki performa terbaik dengan akurasi sebesar 0,825. Prototipe sistem Cognipresa (cognitive presence analytics) telah dikembangkan untuk memfasilitasi pengajar dengan menganalisis kehadiran kognitif mahasiswa dalam diskusi secara otomatis. Evaluasi sistem menunjukkan hasil yang menjanjikan dari sisi usability dengan nilai System Usability Scale (SUS) sebesar 80,83. Kata kunci: analisis konten otomatis, berpikir kritis, community of Inquiry, forum diskusi asinkron, kehadiran kognitif, machine learning, pembelajaran kolaboratif daring