Pengarang | Lucius Rianto/Gerardus Abhirama Wicaksono/Ignatius Henriyanto Primai Renda; |
Pembimbing | Achmad Nizar Hidayanto |
Kata Kunci | MOOC, environmental stimulus, perceived value, continuance intention, structural equation modeling, student interaction |
Tahun buku | 2024 |
Barcode RFID baru | 11636553 |
Tahun Angkatan | 2020 |
Progam Studi | Sistem Informasi |
Lokasi | FASILKOM-UI; |
Tanggal Datang | 11/09/2024 |
Abstrak Indonesia |
Nama Penulis 1 / Program Studi : Lucius Rianto / Sistem Informasi Nama Penulis 2 / Program Studi : Gerardus Abhirama Wicaksono / Sistem Informasi Nama Penulis 3 / Program Studi : Ignatius Henriyanto Primai Renda / Sistem Informasi Judul : “Pengaruh Stimulus Lingkungan pada Intensi Penggunaan Keberlanjutan Massive Open Online Course (MOOC) yang dimediasi oleh Interaksi dan Persepsi Nilai Pelajar” Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom. Nilamsari Putri Utami, M.Sc Keberadaan Massive Open Online Course (MOOC) telah mendistrupsi dunia pendidikan terutama di bidang e-learning dengan sistemnya yang bebas dan terbuka, membuat MOOC dapat diakses oleh siapapun selama memiliki akses internet. Namun, kemudian diketahui bahwa tingkat dropout rate MOOC mencapai lebih 90% yang turut memengaruhi intensi keberlanjutan MOOC. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh stimulus lingkungan terhadap intensi penggunaan keberlanjutan MOOC yang dimediasi oleh interaksi dan persepsi nilai pelajar. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan explanatory sequential design. Pendekatan kuantitatif dilakukan pada 452 responden yang pernah menggunakan MOOC untuk analisis data utama dan pendekatan kualitatif dilakukan pada 8 responden untuk menjelaskan hasil analisis data kuantitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan faktor interactivity, personalization, sociability, dan reputation memengaruhi perceived value. Sementara itu, perceived value memengaruhi interaksi antara pelajar dengan konten dan antara pelajar dengan pengajar. Selain itu, intensi keberlanjutan dipengaruhi oleh interaksi antar pelajar dan interaksi antara pelajar dan pengajar. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi penyedia layanan MOOC untuk merancang platform MOOC yang sesuai dengan kebutuhan pelajar. Kata kunci : MOOC, environmental stimulus, perceived value, continuance intention, structural equation modeling, student interaction |
Judul | Pengaruh Stimulus Lingkungan pada Intensi Penggunaan Keberlanjutan Massive Open Online Course (MOOC) yang Dimediasi oleh Interaksi dan Persepsi Nilai Pelajar |
NPM | 2006596730/2006597563/2006525002 |
Abstrak English |
Writer 1 Name / Study Program : Lucius Rianto / Sistem Informasi Writer 2 Name / Study Program : Gerardus Abhirama Wicaksono / Sistem Informasi Writer 3 Name / Study Program : Ignatius Henriyanto Primai Renda / Sistem Informasi Title : “The Effect of Environmental Stimulus on Massive Open Online Course (MOOC) Continuance Intention Mediated by Student’s Interaction and Perceived Value” Counsellor : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom. Nilamsari Putri Utami, M.Sc The presence of Massive Open Online Courses (MOOCs) has disrupted the educational world, particularly in e-learning, with their free and open systems allowing access to anyone with an internet connection. However, it is known that the dropout rate for MOOCs exceeds 90%, and the sustainability intention rate is relatively low. This study aims to examine the influence of environmental stimuli on the sustainable usage intention of MOOCs mediated by student interaction and perceived value. The research method used is mixed methods with an Explanatory Sequential Design. The quantitative approach was conducted on 452 respondents who have used MOOCs for the main data analysis, and the qualitative approach was conducted on 8 respondents to explain the quantitative data analysis results. Quantitative data analysis was performed using Partial Least Squares Structural Equation Modelling (PLS-SEM) with SmartPLS 3. The results show that interactivity, personalization, sociability, and reputation factors affect perceived value. Meanwhile, perceived value influences the interaction between students and content and between students and instructors. Additionally, sustainable intention is only influenced by peer interaction among students. This study is expected to provide considerations for MOOC service providers in designing platforms that meet students' needs. Keywords : MOOC, environmental stimulus, perceived value, continuance intention, structural equation modeling, student interaction |
Subjek | Massive Open Online Course (MOOC) |
Penguji 2 | Arawinda Dinakaramani |
Pembimbing 1 | Nilamsari Putri Utami |
Fisik | ii, 209 p; ill;29 cm |
Bahasa | Indonesia |
Lulus Semester | Genap 2023/2024 |
Penerbitan | Depok: Fasilkom UI, 2024 |
No. Panggil | SK-2335 (Softcopy SK-1817) |
Penguji 1 | Petrus Mursanto |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2335 (Softcopy SK-1817) | TERSEDIA |
Nama Penulis 1 / Program Studi : Lucius Rianto / Sistem Informasi Nama Penulis 2 / Program Studi : Gerardus Abhirama Wicaksono / Sistem Informasi Nama Penulis 3 / Program Studi : Ignatius Henriyanto Primai Renda / Sistem Informasi Judul : “Pengaruh Stimulus Lingkungan pada Intensi Penggunaan Keberlanjutan Massive Open Online Course (MOOC) yang dimediasi oleh Interaksi dan Persepsi Nilai Pelajar” Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom. Nilamsari Putri Utami, M.Sc Keberadaan Massive Open Online Course (MOOC) telah mendistrupsi dunia pendidikan terutama di bidang e-learning dengan sistemnya yang bebas dan terbuka, membuat MOOC dapat diakses oleh siapapun selama memiliki akses internet. Namun, kemudian diketahui bahwa tingkat dropout rate MOOC mencapai lebih 90% yang turut memengaruhi intensi keberlanjutan MOOC. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh stimulus lingkungan terhadap intensi penggunaan keberlanjutan MOOC yang dimediasi oleh interaksi dan persepsi nilai pelajar. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed methods dengan explanatory sequential design. Pendekatan kuantitatif dilakukan pada 452 responden yang pernah menggunakan MOOC untuk analisis data utama dan pendekatan kualitatif dilakukan pada 8 responden untuk menjelaskan hasil analisis data kuantitatif. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan metode Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) menggunakan SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan faktor interactivity, personalization, sociability, dan reputation memengaruhi perceived value. Sementara itu, perceived value memengaruhi interaksi antara pelajar dengan konten dan antara pelajar dengan pengajar. Selain itu, intensi keberlanjutan dipengaruhi oleh interaksi antar pelajar dan interaksi antara pelajar dan pengajar. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan bagi penyedia layanan MOOC untuk merancang platform MOOC yang sesuai dengan kebutuhan pelajar. Kata kunci : MOOC, environmental stimulus, perceived value, continuance intention, structural equation modeling, student interaction