Call Number | SK-2340 (Softcopy SK-1822) |
Collection Type | Skripsi |
Title | Pengembangan Aplikasi Diaria yang Scalable dan memfasilitasi Self Regulated Learning |
Author | Danan Maulidan Akbar/ Ghifari Zakaria Ramadhan/ Muhammad Fahreza Pratama Wijayanto; |
Publisher | Depok: Fasilkom UI, 2024 |
Subject | Self Regulated Learning |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2340 (Softcopy SK-1822) | TERSEDIA |
Nama Penulis1/ProgramStudi:DananMaulidanAkbar/IlmuKomputer Nama Penulis2/ProgramStudi:GhifariZakariaRamadhan/IlmuKomputer Nama Penulis3/ProgramStudi:MuhammadFahrezaPratamaWijayanto/IlmuKomputer Judul :PengembanganAplikasiDiariayang Scalable dan Mem- fasilitasi Self RegulatedLearning Pembimbing :Prof.HarryBudiSantoso,S.Kom.,M.Kom.,Ph.D. Dr.BagindaAnggunNanCenka,S.Kom.,M.Kom. Pembelajaran jarakjauh,terutamayangbersifatasinkron,telahmenjadipilihanutama bagi banyakindividuuntukpengembangandiridanpendidikanformal.Kontrolling- kungandalampembelajaranasinkronmemilikidampaksignifikanterhadapkeberhasilan pelajar.PandemiCOVID-19memaksainstitusipendidikanuntukberalihdaripembela- jaran daringketatapmuka,menciptakantantanganbagimahasiswayangtidakterbiasa denganmetodepembelajaranluring.BanyakmahasiswaberalihkeplatformMOOC dalam mencaripengetahuan,namunkurangnyadukunganteknologiuntukpenerapan strategiSRLmenyulitkanmereka.Studiliteraturmenunjukkanbahwakemampuanbela- jar mandiriatau self-regulatedlearningcompetencies adalah kuncikesuksesanakademis. Self-RegulatedLearning (SRL) memegangperananpentingdalamgelombangketigape- ngukuran SRL,dimanaJurnalBelajarmenjadikomponenutama.Penggunaanrutin Jurnal Belajarterbuktimeningkatkanhasilbelajardanmengembangkankemampuan metakognisi.Namun,dalamkonteksplatformpembelajaranonline,terdapatkebutuhan mendesak akanalatyangmendukungSRL.Penelitianinimerupakankelanjutandaripe- ngembanganaplikasijurnalbelajarDiaria,yangsebelumnyamendapatkanevaluasipositif namun memilikibeberapakendalateknis.Penelitianinibertujuanuntukmengembangkan aplikasi Diariayanglebih Scalable, mengatasitantanganyangada,danmendukungpara pelajar dalammengembangkanketerampilanregulasidirimereka.Prosespengembangan menggunakan pendekatanSoftwareDevelopmentLifeCycle(SDLC)denganfokuspada metode prototype.HasilakhiraplikasiDiariadi-deploy pada cloud peneliti. Evaluasidi- lakukan melalui usability testing dan performance testing. Meskipunpenggunaberhasil menjalankan use case, terdapatbeberapamasalahterkaittampilandan flow aplikasi yang perlu diperbaiki. Performancetesting menunjukkan skalabilitasyangmenjanjikan,tetapi responsetime perlu dioptimalkan.Dalamkeseluruhan,aplikasiDiariamemenuhikebu- tuhan penggunadenganbeberapaperbaikanyangdiperlukan. Kata kunci: Self-RegulatedLearning (SRL), pengembanganaplikasi, prototype, usability testing