Call Number | SK-2364 (Softcopy SK-1846) |
Collection Type | Skripsi |
Title | Evaluasi Usability Dan Perancangan Ulang Desain Antarmuka Aplikasi Lms Edukasi Keuangan (Lmsku) Dengan Pendekatan User-Centered Design |
Author | Abel Ganindra/ Jason Widodo/ Kezia Putri Yusika; |
Publisher | Depok: Fasilkom UI, 2024 |
Subject | User-Centered Design |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2364 (Softcopy SK-1846) | TERSEDIA |
Nama Mahasiswa 1 : Abel Ganindra Nama Mahasiswa 2 : Jason Widodo Nama Mahasiswa 3 : Kezia Putri Yusika Program Studi : Ilmu Komputer & Sistem Informasi Judul Skripsi : Evaluasi Usability dan Perancangan Ulang Desain Antarmuka Aplikasi LMS Edukasi Keuangan (LMSKU) dengan Pendekatan User-centered Design Pembimbing 1 : Prof. Dr. Dra. Kasiyah, M.Sc. Pembimbing 2 : Dr.Eng. Lia Sadita, S.Kom., M.Eng. Penelitian ini didasari oleh tampilan antarmuka aplikasi LMSKU sebagai platform edukasi keuangan yang masih memiliki sejumlah permasalahan dari segi usability. LMSKU merupakan learning management system (LMS) yang dimiliki oleh lembaga negara dan dirancang dengan tujuan untuk menyediakan edukasi keuangan untuk masyarakat Indonesia. Meskipun LMSKU memiliki kapabilitas yang cukup signifikan, platform ini masih menghadapi sejumlah permasalahan yang berkaitan dengan usability. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi kegunaan usability LMSKU dan memberikan rekomendasi perbaikan antarmuka dengan tujuan meningkatkan usability aplikasi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode user-centered design dengan dua iterasi yang masing-masing menghasilkan desain high-fidelity. Berdasarkan kuesioner daring (n = 65) dan wawancara, baik daring maupun luring (n = 19), terdapat 42 kelompok masalah usability yang dipetakan sesuai dengan prinsip-prinsip Usability Heuristic. Selanjutnya, hasil pengembangan solusi desain iterasi pertama dievaluasi dengan moderated usability testing (UT) dan penyebaran kuesioner System Usability Scale (SUS) secara daring serta iterasi kedua hanya dengan moderated usability testing (UT) saja. Hasil akhir evaluasi kuantitatif UT menunjukan rata-rata keberhasilan responden menyelesaikan skenario dengan sempurna dengan nilai 91% untuk iterasi pertama dan 96% untuk iterasi kedua. Penting untuk dicatat bahwa persentase ini tidak dapat dibandingkan langsung karena skenario telah mengalami perubahan. Hasil tersebut juga didukung oleh nilai SUS sebelum dan sesudah perbaikan dari 52,42 menjadi 84,58 yang artinya terjadi peningkatan kualitas desain yang dapat diterima pengguna. Hasil akhir evaluasi kualitatif UT menunjukan bahwa mayoritas responden merasa lebih mudah memanfaatkan fitur-fitur yang ada dengan tampilan yang baru. Dengan demikian, penelitian ini mampu meningkatkan usability dari desain aplikasi dan dapat menjadi rekomendasi untuk perbaikan sekaligus sebagai landasan untuk penelitian selanjutnya. Kata kunci: Platform edukasi keuangan, usability, Usability Heuristic, Usability Testing, System Usability Scale (SUS)