Call Number | SK-2396 (Softcopy SK-1878) |
Collection Type | Skripsi |
Title | Analisis Pengaruh Pengalaman dan Kepuasan Pengguna terhadap Reuse Intention Bank Digital sebagai Metode Pembayaran yang Terintegrasi dengan E-commerce |
Author | Alya Muthia Fitri, Arinil Haq, Raissa Adlina Febrianny; |
Publisher | Depok: Fasilkom UI, 2024 |
Subject | Reuse Intention Bank Digital |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2396 (Softcopy SK-1878) | TERSEDIA |
Nama : Alya Muthia Fitri, Arinil Haq, Raissa Adlina Febrianny Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Pengaruh Pengalaman dan Kepuasan Pengguna terhadap Reuse Intention Bank Digital sebagai Metode Pembayaran yang Terintegrasi dengan E-commerce Pembimbing : Dr. Putu Wuri Handayani, S.Kom., M.Sc., Hana Fitriani, M.Sc. Era digitalisasi mengubah pola konsumen masyarakat ke arah digital yang mendorong pertumbuhan ekosistem digital antara bank digital dan platform e-commerce. Kolaborasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi secara seamless, meningkatkan kenyamanan dan efisiensi dalam bertransaksi. Meskipun penggunaannya semakin meningkat, memastikan pengguna terus menggunakan layanan ini (reuse intention) tetap menjadi tantangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengalaman dan kepuasan pengguna terhadap niat untuk menggunakan kembali (reuse intention) layanan bank digital yang terintegrasi dengan e-commerce. Pengumpulan data dilakukan dengan melalui survei terhadap 616 responden dan wawancara terhadap 30 narasumber. Pengolahan data kuantitatif menggunakan metode covariance-based structural equation modeling (CB-SEM), sedangkan pengolahan data kualitatif menggunakan metode content analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceived ease of use, perceived usefulness, perceived reliability, perceived value, dan perceived risk berpengaruh signifikan terhadap pengalaman pengguna, sedangkan perceived security tidak memengaruhi pengalaman pengguna. Selanjutnya pengalaman pengguna berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, yang pada gilirannya memengaruhi niat untuk menggunakan kembali layanan bank digital. Temuan ini diharapkan dapat membantu bank digital dan platform e-commerce dalam merancang strategi yang efektif untuk meningkatkan kepuasan pengguna yang akhirnya dapat memengaruhi niat pengguna untuk menggunakan kembali layanan integrasi bank digital dan e-commerce sebagai metode pembayaran. Kata kunci: Bank Digital, E-commerce, Customer Experience, Customer Satisfaction, Reuse Intention, CB-SEM