Call Number | SK-2397 (Softcopy SK-1879) |
Collection Type | Skripsi |
Title | Pengembangan Model Penggunaan Generative AI untuk Konteks Belajar dan Mengajar yang Bertanggung Jawab: Studi Kasus Penggunaan ChatGPT di Universitas Indonesia |
Author | Bintang Nursyawalli Sidi, Muhamad Akmal, Pramudiptha; |
Publisher | Depok: Fasilkom UI, 2024 |
Subject | Generative AI |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2397 (Softcopy SK-1879) | TERSEDIA |
Nama : Bintang Nursyawalli Sidi, Muhamad Akmal, Pramudiptha Program Studi : Ilmu Komputer Judul Skripsi : Pengembangan Model Penggunaan Generative AI untuk Konteks Belajar dan Mengajar yang Bertanggung Jawab: Studi Kasus Penggunaan ChatGPT di Universitas Indonesia Pembimbing : Imairi Eitiveni, S.Kom., M.Kom., Ph.D., Annisa Monicha Sari, S.Kom., M.Kom. ChatGPT merupakan model bahasa Generative Pre-trained Transformer yang dikembangkan oleh OpenAI dan dirilis pada tahun 2015 dan mulai marak digunakan dalam konteks pendidikan. Dalam penerapannya penggunaan generative AI seperti ChatGPT memiliki tantangan dan risiko yang harus diatasi untuk menjaga integritas dan kejujuran akademis serta memastikan pemanfaatannya yang bertanggung jawab. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi apakah sebaiknya digunakan secara resmi atau melarang penggunananya, mengidentifikasi risiko terkait dengan penerapannya, serta mengeksplorasi metode penggunaan yang bertanggung jawab dalam konteks belajar mengajar di lingkungan Universitas. Penelitian ini menggabungkan metode kualitatif dan kuantitatif atau mixed method dengan melakukan wawancara semi terstruktur terhadap 11 narasumber menggunakan open question serta menyebarkan kuesioner secara daring kepada responden. Hasil penelitian kualitatif dianalisis menggunakan metode thematic analyisis yang kemudian menjadi sumber acuan pengembangan model penggunaan ChatGPT yang bertanggung jawab. Pada pendekatan kuantitatif, sebanyak 251 data responden valid dianalisis menggunakan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan bantuan aplikasi SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model penggunaan ChatGPT yang bertanggung jawab didukung oleh berbagai faktor, termasuk Ability, Ascription of Responsibility, Personal Norm, Benefit, Intention, Behavior, serta Facilitating Conditions penggunaan ChatGPT dalam kegiatan belajar dan mengajar. Penelitian ini berkontribusi memberikan pedoman penggunaan ChatGPT yang bertanggung jawab untuk kegiatan belajar dan mengajar di lingkungan Universitas. Kata kunci: ChatGPT, AI Generatif, ChatGPT Bertanggung Jawab, Kecerdasan Buatan