Call Number | SK-2445 (Softcopy SK-1927) Source code 872 |
Collection Type | Skripsi |
Title | Sistem Temu-balik Pengetahuan untuk Helpdesk PDDikti dengan Reranking dan Ekspansi Dokumen |
Author | Abdul Rahman; |
Publisher | Depok: Fasilkom UI, 2024 |
Subject | Sistem Temu-balik Pengetahuan |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2445 (Softcopy SK-1927) Source code 872 | TERSEDIA |
Nama : Abdul Rahman Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Sistem Temu-balik Pengetahuan untuk Helpdesk PDDikti dengan Reranking dan Ekspansi Dokumen Pembimbing : Alfan Farizki Wicaksono, Ph.D. Annisa Nur Fadhilah, S.Kom. Website Helpdesk PDDikti memiliki sekumpulan knowledge yang belum didukung oleh sistem pencarian yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem temu-balik informasi yang efektif dengan skor metrik yang tinggi terhadap knowledge Helpdesk PDDikti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penerapan model temu-balik informasi berbasis text matching pada berbagai model, yang kemudian disempurnakan dengan dua metode perbaikan ranking dokumen: (1) metode eskpansi istilah pada dokumen menggunakan prediksi kueri dari model doc2query, dan (2) metode reranking dokumen menggunakan model LambdaMART. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di antara beberapa model temu-balik informasi berbasis text matching, model BM25 memberikan kinerja terbaik dengan skor MRR 0,781. Selanjutnya, hasil ranking dokumen dari model BM25 dapat ditingkatkan akurasinya melalui metode ekspansi istilah dengan lima kueri menggunakan pemilihan kandidat random sampling, yang meningkatkan skor MRR menjadi 0,799. Namun, penggunaan metode reranking dengan model LambdaMART untuk meningkatkan akurasi hasil ranking dokumen belum memberikan hasil yang lebih baik dibandingkan metode ekspansi istilah. Meskipun demikian, terdapat varian model reranking LambdaMART yang menggunakan fitur semantic similarity dan fitur skor agregat, yang mampu mengalahkan model BM25 tanpa ekspansi istilah, dengan skor MRR terbaik masing-masing 0,782 dan 0,787. Meskipun begitu, peningkatan ini masih belum cukup signifikan. Kata kunci: Helpdesk PDDtikti, text retrieval, text matching, BM25, ekspansi dokumen, LambdaMART, temu-balik informasi , semantic similarity, reranking