Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number DIS-135 (softcopy DIS-126) Source Code-41
Collection Type Disertasi
Title Ontologi untuk Pemodelan Kurikulum pada Perguruan Tinggi yang Menerapkan Outcame-Based Education
Author Siti Aminah;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2025
Subject curriculum ontology
Location
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
DIS-135 (softcopy DIS-126) Source Code-41 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 55764
ABSTRAK

Nama : Siti Aminah Program Studi : Doktor Ilmu Komputer Judul : Ontologi untuk Pemodelan Kurikulum pada Perguruan Tinggi yang Menerapkan Outcome-Based Education Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom, M.Kom Outcome-Based Education, (OBE) adalah pendekatan yang diakui secara global untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menyelaraskan program akademik dengan kebutuhan industri. Meskipun memiliki berbagai keunggulan, implementasi OBE menghadapi tantangan signifikan, terutama dalam menjaga keselarasan antara capaian pembelajaran tingkat program dengan capaian pembelajaran spesifik mata kuliah, dan komponen kurikulum lainnya. Pada penelitian ini dikembangkan ontologi untuk memodelkan rancangan kurikulum dalam kerangka OBE di pendidikan tinggi. Ontologi ini mengatasi masalah koherensi kurikulum dengan menerapkan prinsip-prinsip OBE, yang meliputi clarity of focus, backward design, expanded opportunities, dan high expectations. Ontologi dikembangkan berdasarkan analisis mendalam terhadap domain masalah dan formulasi pertanyaan kompetensi yang berasal dari skenario ketika reviewer kurikulum menganalisis apakah suatu kurikulum memenuhi persyaratan OBE. Ontologi diimplementasikan dengan Web Ontologi Language (OWL) berbasis Description Logic dan divalidasi dengan Shapes Constraint Language (SHACL) yang menjadi standar dari World Wide Web Consortium (W3C). Penelitian ini menghasilkan ontologi OBC-ONTO yang mengakomodir prinsipprinsip OBE, mendukung tugas-tugas reviewer kurikulum, serta mengakomodasi berbagai jenjang pendidikan tinggi termasuk diploma, sarjana, dan magister. Hasil evaluasi dengan metode FOCA (Framework for Ontology Conformance Analysis) menujukkan ontologi ini memenuhi metrik kualitas utama yaitu completeness, consistency, conciseness, adaptability, computational efficiency dan clarity. Penelitian ini juga menghasilkan prototipe aplikasi Semantic Web yang dibangun berbasis OBC-ONTO dengan antarmuka ramah pengguna bagi reviewer untuk memeriksa rancangan suatu kurikulum. Arsitektur aplikasi menggunakan basis data graf GraphDB dan kerangka kerja pengembangan web Django, menghasilkan aplikasi yang dapat dikembangkan lebih lanjut untuk manajemen kurikulum berskala operasional. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam mendukung implementasi OBE dengan menyediakan alat bantu analisis kurikulum berbasis teknologi semantik.