Call Number | SK-2468 (Softcopy SK-19450) |
Collection Type | Skripsi |
Title | Pengembangan dan Evaluasi Antarmuka Aplikasi Moodle Pembangkitan Animasi Subtitle Bahasa Isyarat untuk Guru dan Siswa dengan Pendekatan User-Centered Design |
Author | Kevin / Madeleine Sekar Putri Wijayanto; |
Publisher | Depok: Fasilkom UI, 2024 |
Subject | User-centered design |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2468 (Softcopy SK-19450) | TERSEDIA |
Nama : Kevin, Madeleine Sekar Putri Wijayanto Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Pengembangan dan Evaluasi Antarmuka Aplikasi Moodle Pembangkitan Animasi Subtitle Bahasa Isyarat untuk Guru dan Siswa dengan Pendekatan User-Centered Design Pembimbing 1 : Dr. Ir. Erdefi Rakun, M.Sc Pembimbing 2 : Prof. Harry Budi Santoso S.Kom., M.Kom., Ph.D Dalam evolusi pendidikan daring, integrasi teknologi memiliki peran krusial dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang inklusif untuk semua kalangan. Hingga dewasa ini, masih terdapat tantangan akses pemelajaran daring untuk siswa dengan disabilitas pendengaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi antarmuka modul aktivitas Moodle dengan pendekatan User-Centered Design yang mampu mempermudah guru dalam membangkitkan animasi subtitle bahasa isyarat SIBI serta merancang dan mengevaluasi tata letak animasi bahasa isyarat yang mampu meningkatkan pemahaman siswa tuna rungu dalam sebuah kegiatan pemelajaran yang inklusif. Moodle merupakan salah satu platform Learning Management System (LMS) yang paling banyak digunakan dan dapat dikustomisasi sehingga mampu mewadahi berbagai fungsi dan kebutuhan pengguna. Dengan melakukan integrasi modul aktivitas, Moodle bisa menjadi salah satu alternatif untuk mempermudah guru dan siswa dalam mengelola materi pemelajaran. Metode penelitian yang digunakan meliputi beberapa tahapan: identifikasi kebutuhan pengguna melalui wawancara dan observasi di SLB Santi Rama, pengembangan solusi desain alternatif, serta evaluasi desain melalui User Acceptance Test (UAT) dan post-test untuk mengukur pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan desain antarmuka yang teroptimasi, aplikasi dapat digunakan dengan efektif dan tepat guna. Evaluasi melalui UAT menunjukkan kepuasan pengguna terhadap modul yang dikembangkan dengan success rate 100% dalam seluruh skenario yang diujikan. Evaluasi pemahaman dengan metode post-test menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap materi yang disampaikan melalui alat bantu yang dikembangkan.