Call Number | SK-2498 (Softcopy SK-1980) |
Collection Type | Skripsi |
Title | Analisis Penerimaan Aplikasi Merchant Gobiz pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah Sektor Kuliner |
Author | Nadhif Rahman Alfan / Rangga Yudhistira Brata / Syarifah Nur Amalia; |
Publisher | Depok: Fasilkom UI, 2025 |
Subject | Merchant Application, Technology Acceptance, |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2498 (Softcopy SK-1980) | TERSEDIA |
Nama : Nadhif Rahman Alfan, Rangga Yudhistira Brata, Syarifah Nur Amalia Program Studi : Sistem Informasi Judul :Analisis Penerimaan Aplikasi Merchant GoBiz Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Sektor Kuliner Pembimbing : Dr. Putu Wuri Handayani, S.Kom., M.Sc., Hana Fitriani, S.Kom., M.Sc. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) memiliki peran yang sangat penting dalam ekonomi global, terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Namun, pandemi COVID-19 yang melanda pada tahun 2019 menyebabkan 80% UMKM mengalami penurunan pendapatan sebesar -38.8%. Hal tersebut membuat pemerintah mendorong UMKM untuk melakukan transformasi digital sebagai salah satu strategi pemulihan UMKM pasca pandemi COVID-19. Salah satu teknologi yang dapat mendukung transformasi digital UMKM adalah GoBiz. Keberadaan GoBiz memberikan banyak manfaat bagi UMKM terutama UMKM sektor kuliner seperti membuka lapangan pekerjaan, peningkatan penjualan, dan peningkatan cabang usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor penerimaan UMKM sektor kuliner terhadap penggunaan aplikasi GoBiz. Penelitian ini mengadopsi teori Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT2) yang diperluas dengan jenis UMKM sebagai faktor moderator. Penelitian ini menggunakan mix method, yaitu kuantitatif dan kualitatif dengan mengumpulkan data kuantitatif melalui kuesioner yang diisi oleh 400 responden dan data kualitatif melalui wawancara dengan tiga puluh narasumber. Pengolahan data kuantitatif menggunakan metode Partial Least Square Structural Equation Modeling, sedangkan pengolahan data kualitatif menggunakan metode content analysis. Hasil penelitian menyatakan faktor facilitating conditions, effort expectancy, social influence, price value, dan social influence yang diajukan memengaruhi penggunaan aplikasi GoBiz secara signifikan, dan hanya faktor performance expectancy yang tidak memengaruhi penggunaan aplikasi GoBiz. Demikian pula, intention to use memediasi faktor facilitating conditions terhadap penggunaan aktual aplikasi GoBiz. Namun, tidak ada efek moderasi dari jenis UMKM (SME Size) di antara pengaruh yang diajukan. Hasil penelitian ini dapat menjadi masukan bagi perusahaan penyedia aplikasi merchant dalam mengembangkan modul-modul aplikasi serta meningkatkan layanan dukungan kepada pengguna, khususnya UMKM.