Call Number | KA-2012 (Softcopy KA-1998) MAK KA-1645 |
Collection Type | Karya Akhir (KA) |
Title | Adds Project: Driving Performance and Engagement of Melbourne Transportation Business |
Author | Irfan Murtadho Agtyaputra; |
Publisher | Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2025 |
Subject | Mobile Application |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
KA-2012 (Softcopy KA-1998) MAK KA-1645 | Indonesia | TERSEDIA |
Laporan ini menyajikan analisis komprehensif tentang ADDs, sebuah layanan transportasi inovatif yang menjawab kebutuhan perjalanan yang aman bagi individu yang lebih suka mengendarai kendaraan sendiri dan hanya membutuhkan jasa pengemudi. Didirikan pada tahun 2021, ADDs awalnya berfokus pada pasar komunitas berbahasa Mandarin di Melbourne. Pada saat ini, ADDs memiliki tujuan untuk memperluas jangkauannya ke pasar yang lebih luas. Perusahaan ini menghadapi inefisiensi operasional akibat proses manual dan kurangnya platform digital khusus, yang membatasi skalabilitas dan penetrasi pasar. Melalui identifikasi masalah terstruktur menggunakan kerangka kerja seperti POPIT, Analisis SWOT, dan Porter’s Five Forces, laporan ini mengkaji tantangan utama ADDs, termasuk dalam kaitannya dengan infrastruktur TI, operasi bisnis, dan strategi akuisisi pelanggan. Untuk mengatasi tantangan ini, dua solusi strategis diusulkan, yaitu desain platform dan strategi pemasaran dan keterlibatan pelanggan. Solusi pertama berfokus pada pengembangan platform digital terintegrasi untuk menyederhanakan pemesanan, pengiriman, koordinasi pengemudi, pembayaran, dan umpan balik pelanggan. Solusi kedua berfokus pada penerapan segmentasi audiens berbasis data, target kemitraan, serta kehadiran digital yang kuat untuk meningkatkan visibilitas layanan dan akuisisi pengguna. Laporan ini memberikan rekomendasi yang dapat ditindaklanjuti bagi ADDs, meliputi pertimbangan biaya-manfaat, skalabilitas jangka panjang, dan tantangan masa depan yang terkait dengan transformasi digital. Dengan mengintegrasikan peningkatan berbasis Artificial Intelligence, alur kerja otomatis, dan keterlibatan pelanggan yang terstruktur, kedua solusi yang ditawarkan diharapkan dapat membantu ADDs memposisikan diri sebagai penyedia layanan pengemudi yang terkemuka sekaligus memastikan keselamatan, kenyamanan, dan efisiensi operasional.