Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SP-101 (Softkopi-038) Source Code SP-018
Collection Type Student Project (SP)
Title Pengembangan learning management system mandiri berbasis Scele
Author Adityo Ananta; Adityo Pratomo; Indra Setiawan; Zidni Agni Apriya;
Publisher Depok:Fasilkom:2005
Subject Learning Management Systems
Location
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SP-101 (Softkopi-038) Source Code SP-018 05/10810 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 8943
Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia (Fasilkom UI) memulai penggunaan elearning dengan program E-Learning MTI (Magister Teknologi Informasi) Fasilkom UI yang diselenggarakan melalui fasilitas yang disebut dengan SCeLE (Student Centered e-Learning Environtment). SCeLE dikembangakan dari Course Management System Moodle. Sampai saat ini SCeLE hanya dapat mendukung proses pembelajaran secara online, yang mengharuskan setiap siswa yang terlibat di dalamnya memiliki akses internet untuk melakukan proses pembelajaran. Hal ini dapat menjadi penghambat proses pembelajaran karena di Indonesia sarana dan prasarana komunikasi belum tersedia dengan baik dan merata. Student Project ini akan mengembangkan sebuah prototipe sistem dengan tujuan untuk mencoba mengatasi permasalahan tersebut. Sistem tersebut mendukung pembelajaran jarak jauh (distance learning) secara mandiri, yaitu dengan mengimplementasikan sistem stand alone SCeLE pada komputer siswa yang selanjutnya disebut dengan miniSCeLE. Kesamaan data antara miniSCeLE dengan server SCeLE dijaga dengan adanya fasilitas sinkronisasi data yang dapat dilakukan secara berkala yang dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Fasilitas sinkronisasi ini dapat dilakukan secara online maupun secara offline. Sinkronisasi secara offline dapat dilakukan melalui media penyimpanan portabel. Kemampuan yang dimiliki miniSCeLE diharapkan dapat menjadi solusi bagi pemerataan pendidikan yang lebih baik. Hanya saja karena sistem miniSCeLE ini masih berupa prototipe, maka perlu dikembangkan lebih lanjut dan dilakukan uji coba kembali untuk benar-benar menjadi sistem pembelajaran yang optimal.