Call Number | KA-317 (Softcopy KA-315) |
Collection Type | Karya Akhir (KA) |
Title | Perancangan data warehouse dan penerapan data mining: studi kasus pola pembayaran pelanggan industri telekomunikasi di unit collection management PT XYZ. |
Author | Riviera Rendra Nurcahya; |
Publisher | Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2012 |
Subject | |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
KA-317 (Softcopy KA-315) | Indonesia | TERSEDIA |
Industri telekomunikasi saat ini mengalami peningkatan persaingan antar operator yang sedemikian tingginya. Para operator, baik operator incumbent maupun operator new entrants dituntut untuk terus melakukan inovasi dan improvisasi disegala aspek agar tetap bertahan dalam menghadapi persaingan. Dibutuhkan strategi dan daya upaya yang lebih baik yang dapat membangun competitive advantage maupun comparative advantage dibanding para pesaing lainnya terutama strategi terkait mempertahankan serta meningkatkan customer base yang dimiliki saat ini yaitu dengan menerapkan program caring yang sifatnya untuk membangun customer intimacy, meningkatkan kualitas layanan serta program marketing and sales yang berdampak pada loyalitas pelanggan dan peningkatan revenue perusahaan. Selain itu, hal lain yang tidak kalah pentingnya bagi kelangsungan perusahaan dan menjadi salah satu indikator keberhasilan suatu perusahaan di era kompetisi adalah terkait cash collection atau pencairan piutang perusahaan dan penekanan angka bad debt serendah-rendahnya. Keterlambatan dalam proses pencairan piutang perusahaan dapat berdampak terhadap penurunan tingkat likuiditas perusahaan meskipun perusahaan tersebut memiliki kinerja profitabilitas yang baik. Keterlambatan proses pencairan piutang menjadi kas juga akan menyebabkan hambatan dalam kegiatan operasional perusahaan dan berdampak pada tingkat churn pelanggan yang pada akhirnya dapat berakibat pada risiko kerugian bagi pencapaian tujuan perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab kebutuhan perusahaan akan adanya sebuah teknologi yang mampu menangani proses pelaporan, analisis dan penggalian informasi dari data transaksional yang jumlahnya besar. Data pelanggan, data revenue dan data pembayaran pelanggan di PT XYZ akan diolah menjadi data warehouse, untuk kemudian diproses melalui algoritma data mining yang sesuai untuk menggali informasi yang diinginkan. Melalui penelitian ini, prediksi pencapaian cash flow dan pola-pola pembayaran pelanggan yang melakukan tunggakan di PT XYZ dapat dikenali untuk membantu pengembangan pencapaian kinerja sistem Cash Collection di PT XYZ. Pengembangan data warehouse pada sistem pembayaran pelanggan PT XYZ mempermudah proses pelaporan serta analisis data, sehingga dihasilkan informasi mengenai kinerja collection, serta analisis pola pembayaran pelanggan PT XYZ dengan menggunakan metodologi Data Mining CRISP-DM, analisis prediksi dengan regresi, dan model pencarian Association Rules dengan algoritma apriori. Informasi ini dapat digunakan untuk menyusun strategi Cash Collection yang lebih efektif dan tepat sasaran.