Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1239 (Softcopy SK-721)
Collection Type Skripsi
Title Analisis pengaruh customer knowledge accuisition terhadap kinerja perusahaan di Indonesia studi kasus industri perbankan dan asuransi
Author Ajeng Anugrah Lestari;
Publisher Depok : Fakultas Ilmu Komputer, 2014
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1239 (Softcopy SK-721) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 41933
ABSTRAK Nama : Ajeng Anugrah Lestari Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Pengaruh Customer Knowledge Acquisition terhadap Kinerja Perusahaan di Indonesia: Studi Kasus Industri Perbankan dan Asuransi Adanya pergeseran orientasi perusahaan menjadi customer-oriented, menjadikan pelanggan sebagai salah satu aspek yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan daya saing perusahaan. Pelanggan dianggap mampu memberikan knowledge terkait insight, inovasi, serta ide-ide baru yang tidak bisa ditemukan di dalam perusahaan. Perolehan knowledge dari eksternal perusahaan, termasuk dari pelanggan, merupakan tantangan yang besar, karena memiliki tingkat kesulitan yang lebih besar dibanding memperoleh knowledge dari internal perusahaan. Hal inilah yang memicu perlunya dilakukan observasi dan eksplorasi lebih jauh terkait perolehan customer knowledge. Customer knowledge diklasifikasikan menjadi tiga tipe, yaitu knowledge ‘dari’, ‘untuk’, dan ‘tentang’ pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari masing-masing tipe customer knowledge terhadap kinerja perusahaan. Aspek pelanggan, produk, proses bisnis, karyawan, finansial, dan pemasaran merupakan enam aspek yang akan digunakan untuk mengukur kinerja perusahaan. Penelitian ini berhasil mengumpulkan kuesioner dari 51 responden dari 11 perusahaan bank dan asuransi di Indonesia. Responden penelitian terdiri dari senior level, manajer dari divisi terkait, dan karywan dari divisi terkait. Data yang diperoleh kemudian diverifikasi dan diolah dengan SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa knowledge ‘for’ customers berpengaruh terhadap kinerja perusahaan, sementara knowledge ‘from’ customers cukup berpengaruh, dan knowledge ‘about’ customers tidak berpengaruh sama sekali. Di samping itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa angka penggunaan tools TI lebih banyak digunakan disbanding tools nonTI untuk proses customer knowledge acquisition. Kata Kunci: knowledge, customer knowledge, customer knowledge acquisition