Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1727 (Softcopy SK-1209)
Collection Type Skripsi
Title Evaluasi dan Rekomendasi Perbaikan Desain Instruksional dan Antarmuka pada Massive Open Online Course (MOOC) Coursera
Author Munadia Rahma Hanifa;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universias Indonesia, 2019
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1727 (Softcopy SK-1209) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 46708
ABSTRAK Nama : Munadia Rahma Hanifa Program Studi : Sistem Informasi Judul : Evaluasi dan Rekomendasi Perbaikan Desain Instruksional dan Antarmuka pada Massive Open Online Course (MOOC) Coursera Pembimbing : Dr. Dra. Kasiyah, M.Sc. Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D. Massive Open Online Course (MOOC) merupakan salah satu bentuk implementasi pembelajaran daring. Rata-rata tingkat penyelesaian kelas (course) pada MOOC masih terbilang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana MOOC platform Coursera mengikuti prinsip-prinsip desain instruksional dan desain antarmuka. Prinsip-prinsip yang menjadi acuan adalah Gagné’s Nine Events of Instruction, Chickering and Gamson’s Seven Principles for Good Practice in Undergraduate Education, dan prinsip desain antarmuka Shneiderman’s Eight Golden Rules of Interface Design. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner daring (E-Learning Usability Scale) dan task scenario pada evaluasi usability. Metode yang diterapkan adalah metode campuran yang mengintegrasikan dua metode, yaitu kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Coursera sudah menerapkan seluruh prinsip desain instruksional dan sudah menerapkan tujuh dari delapan poin pada prinsip desain antarmuka. Penelitian ini juga mengusulkan rekomendasi perbaikan berdasarkan hasil analisis data dari responden yang mayoritas berasal dari wilayah Jabodetabek. Kata kunci: Coursera, Desain Instruksional, E-Learning, MOOC, Usability Evaluation