Call Number | SK-2474 (Softcopy SK-1956) |
Collection Type | Skripsi |
Title | Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi User Engagement dalam Aplikasi Teleconsultation di Indonesia |
Author | Muhammad Farhan Thariq / Dzaky Zaydan; |
Publisher | Depok: Fasilkom UI, 2025 |
Subject | Analisis faktor |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2474 (Softcopy SK-1956) | TERSEDIA |
Nama : Dzaky Zaydan, Muhammad Farhan Thariq Program Studi : Sistem Informasi Judul Skripsi : Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi User Engagement dalam Aplikasi Teleconsultation di Indonesia Pembimbing 1 : Prof. Dr. Putu Wuri Handayani, S.Kom., M.Sc. Pembimbing 2 : Hana Fitriani, S. Kom., M. Sc. Peningkatan penggunaan aplikasi telekonsultasi di Indonesia selama pandemi COVID-19 memunculkan perhatian terhadap aspek privasi, keamanan, dan kepercayaan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi user engagement dalam aplikasi telekonsultasi dengan mengintegrasikan teori Communication Privacy Management (CPM) dan model Privacy-Trust-Behavioral Intention (PTBI). Fokus penelitian ini adalah memahami peran social privacy concerns, perceived privacy, perceived control, security, dan trust in healthcare providers dalam membentuk keterlibatan pengguna (user engagement). Penelitian ini menggunakan sequential mixed methods dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif dikumpulkan melalui survei daring dengan 481 responden, di mana 405 data valid dianalisis menggunakan metode Partial Least Square - Structural Equation Model (PLSSEM) di perangkat lunak SmartPLS 4. Pendekatan kualitatif dilakukan melalui wawancara mendalam dengan 30 narasumber. Data kualitatif dianalisis menggunakan metode content analysis untuk mengeksplorasi hasil wawancara serta mengonfirmasi hasil kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social privacy concerns memiliki pengaruh negatif terhadap perceived privacy dan pengaruh positif terhadap user engagement, dan perceived privacy memiliki pengaruh positif terhadap user engagement. Selain itu, variabel security berpengaruh positif terhadap trust in healthcare providers, yang pada akhirnya trust in healthcare providers berpengaruh positif terhadap user engagement. Sementara perceived control tidak memoderasi hubungan antara social privacy concerns dan perceived privacy. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi penyedia layanan telekonsultasi untuk meningkatkan transparansi, keamanan data, dan kontrol privasi guna memperkuat kepercayaan pengguna, serta kontribusi teoretis melalui integrasi CPM dan PTBI Model yang mengisi gap penelitian sebelumnya terkait dinamika privasi, kepercayaan, dan keterlibatan pengguna dalam layanan kesehatan digital.