Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2474 (Softcopy SK-1956)
Collection Type Skripsi
Title Analisis Faktor-faktor yang Memengaruhi User Engagement dalam Aplikasi Teleconsultation di Indonesia
Author Muhammad Farhan Thariq / Dzaky Zaydan;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2025
Subject Analisis faktor
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2474 (Softcopy SK-1956) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 55864
ABSTRAK

Nama : Dzaky Zaydan, Muhammad Farhan Thariq Program Studi : Sistem Informasi Judul Skripsi : Analisis Faktor-Faktor yang Memengaruhi User Engagement dalam Aplikasi Teleconsultation di Indonesia Pembimbing 1 : Prof. Dr. Putu Wuri Handayani, S.Kom., M.Sc. Pembimbing 2 : Hana Fitriani, S. Kom., M. Sc. Peningkatan penggunaan aplikasi telekonsultasi di Indonesia selama pandemi COVID-19 memunculkan perhatian terhadap aspek privasi, keamanan, dan kepercayaan pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi user engagement dalam aplikasi telekonsultasi dengan mengintegrasikan teori Communication Privacy Management (CPM) dan model Privacy-Trust-Behavioral Intention (PTBI). Fokus penelitian ini adalah memahami peran social privacy concerns, perceived privacy, perceived control, security, dan trust in healthcare providers dalam membentuk keterlibatan pengguna (user engagement). Penelitian ini menggunakan sequential mixed methods dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Pendekatan kuantitatif dikumpulkan melalui survei daring dengan 481 responden, di mana 405 data valid dianalisis menggunakan metode Partial Least Square - Structural Equation Model (PLSSEM) di perangkat lunak SmartPLS 4. Pendekatan kualitatif dilakukan melalui wawancara mendalam dengan 30 narasumber. Data kualitatif dianalisis menggunakan metode content analysis untuk mengeksplorasi hasil wawancara serta mengonfirmasi hasil kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa social privacy concerns memiliki pengaruh negatif terhadap perceived privacy dan pengaruh positif terhadap user engagement, dan perceived privacy memiliki pengaruh positif terhadap user engagement. Selain itu, variabel security berpengaruh positif terhadap trust in healthcare providers, yang pada akhirnya trust in healthcare providers berpengaruh positif terhadap user engagement. Sementara perceived control tidak memoderasi hubungan antara social privacy concerns dan perceived privacy. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi penyedia layanan telekonsultasi untuk meningkatkan transparansi, keamanan data, dan kontrol privasi guna memperkuat kepercayaan pengguna, serta kontribusi teoretis melalui integrasi CPM dan PTBI Model yang mengisi gap penelitian sebelumnya terkait dinamika privasi, kepercayaan, dan keterlibatan pengguna dalam layanan kesehatan digital.