Call Number | SK-2477 (Softcopy SK-1959) |
Collection Type | Skripsi |
Title | Analisis Faktor yang Memengearuhi Intensi Adopsi AI pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia |
Author | Febrian Rayhan Aryadianto / Dimitri Theofilus Wynardo Noenoehitoe / Zidan Amukti Rajendra; |
Publisher | Depok: Fasilkom UI, 2024 |
Subject | Analisis faktor |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2477 (Softcopy SK-1959) | TERSEDIA |
Nama : Febrian Rayhan A., Dimitri Theofilus W.N., Zidan Amukti R. Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Intensi Adopsi AI Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Indonesia Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, M.Kom. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi intensi adopsi kecerdasan buatan (AI) pada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Dengan menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) dan Technology Organization Environment (TOE) Framework. Metodologi yang digunakan meliputi pengumpulan data kualitatif melalui wawancara mendalam dengan pemilik/manajer UMKM. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan mixedmethod dengan 11 responden wawancara daring dan 342 responden kuesioner dimana kedua jenis narasumber merupakan pelaku UMKM yang mengerti pemahaman umum mengenai AI. Penelitian ini mengidentifikasi variabel-variabel seperti Employee Capability, Financial Resources, Top Management Support, Competitive Pressure, dan Vendor Support yang berkontribusi terhadap perceived ease of use dan perceived usefulness untuk mengetahui apakah variabel-variabel tersebut mempengaruhi ke variabel intention to adopt. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Model Partial Least Square (PLS-SEM) untuk menguji hubungan antara variabelvariabel tersebut dan intention to adopt AI. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktorfaktor employee capability, top management support, financial resources, competitive pressure, dan vendor support berpengaruh terhadap perceived ease of use dan perceived usefulness dan mendorong UMKM untuk mengadopsi AI, yang pada gilirannya dapat meningkatkan kinerja dan daya saing mereka di pasar. Penelitian ini memberikan wawasan bagi pengembang AI dan UMKM tentang pentingnya faktor-faktor tersebut dalam strategi implementasi AI yang efektif dan berkelanjutan.