Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number T-1324 (Softcopy T-1032) Mak T-123
Collection Type Tesis
Title Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Pada Sektor Makanan dan Minuman Melalui Penggunaan Media Sosial
Author Puri Indah Lestari;
Publisher Depok:Fasilkom UI,2022
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
T-1324 (Softcopy T-1032) Mak T-123 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 50818
ABSTRAK Nama : Puri Indah Lestari Program Studi : Magister Ilmu Komputer Judul : Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Usaha Mikro Pada Sektor Makanan dan Minuman Melalui Penggunaan Media Sosial Pembimbing : Prof. Ir. Dana Indra Sensuse M.LIS., Ph.D. Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah(UMKM) dan merupakan usaha yang dapat membantu meningkatkan perekonomian negara, terutama negara berkembang seperti Indonesia. Di Indonesia, jumlah usaha mikro sendiri mencapai 98,7% dari total usaha yang ada. meskipun jumlah usaha mikro sangat banyak, peningkatan usaha mikro paling kecil diantara jenis usaha lainnya yaitu hanya sekitar 17,1% pada tahun 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi faktor mediasi yang dapat meningkatkan kinerja usaha mikro pada sektor makanan dan minuman melalui penggunaan media sosial dan menyusun strategi untuk meningkatkan kinerja usaha mikro. Analisis tematik dilakukan untuk mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi Micro Enterprises performance. Setelah faktor teridentifikasi dilakukan analisis konfirmatori dengan menggunakan PLSSEM dari data 266 responden pengusaha mikro di Jabodetabek. Hasil penelitian ini menemukan bahwa social media marketing berpengaruh secara langsung dan sebagai mediator antara social media usage dan Micro Enterprises performance. Sedangkan innovation, brand awareness, dan digital presence tidak berpengaruh secara langsung terhadap kinerja usaha mikro dan tidak berperan sebagai mediator diantara social media usage dan Micro Enterprises performance. Berdasarkan hasil temuan tersebut, penelitian ini menyusun rekomendasi penggunaan media sosial untuk usaha mikro dengan menggunakan Aware/attention, Interest, Desire, dan Action (AIDA). Kata kunci: Media sosial, Usaha mikro, Kinerja usaha, rekomendasi bisnis