Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KA-1696 (Softcopy KA-1686) MAK KA-1336
Collection Type Karya Akhir (KA)
Title Analisis dan Rancangan Sistem Informasi Terintegrasi: Studi Kasus Sistem Informasi Cekrekening Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Sistem Informasi Perbankan
Author Reza Amelia;
Publisher Jakarta : Program Studi Magister Teknologi Informasi Fasilkom UI, 2023
Subject Information Systems
Location FASILKOM-UI-MTI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KA-1696 (Softcopy KA-1686) MAK KA-1336 Ind TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 51120
ABSTRAK

Nama : Reza Amelia Program Studi : Magister Teknologi Informasi Judul : Analisis dan Rancangan Sistem Informasi Terintegrasi: Studi Kasus Sistem Informasi Cekrekening Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Sistem Informasi Perbankan Pembimbing : Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D. Dr. Panca Oktavia Hadi Putra, B.Sc., M.Bus.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan dan menyusun rancangan sistem informasi terintegrasi untuk Sistem Informasi Cekrekening dengan sistem informasi perbankan sebagai salah satu upaya untuk mengoptimalkan fungsi database blacklist Sistem Informasi Cekrekening. Hal ini dilakukan dalam rangka menekan jumlah tindak pidana yang berkaitan dengan internet atau informasi dan transaksi elektronik serta meminimalisasi jumlah korban. Integrasi ini dilakukan dengan sistem informasi perbankan karena pihak perbankan memiliki wewenang dalam melakukan tindak lanjut terhadap nomor rekening terindikasi pidana di dalam database blacklist Sistem Informasi Cekrekening. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan teknik wawancara semi-terstruktur dalam pengumpulan datanya. Wawancara dilakukan dengan melibatkan beberapa stakeholders, yaitu satu orang anggota Tim Layanan Aduan Cekrekening.id serta tiga orang perwakilan perbankan dari tiga bank yang berbeda. Analisis data hasil wawancara dilakukan dengan menggunakan teknik thematic analysis dengan alat bantu NVivo 12 Pro. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah salah satu dari metodologi System Development Life Cycle, yaitu Rational Unified Process (RUP) dengan menerapkan disiplin requirements dan analysis & design pada fase inception dan elaboration dengan tiga kali iterasi. Iterasi pertama dilakukan pada fase inception dan elaboration, sedangkan iterasi kedua dan ketiga dilakukan pada fase elaboration. Penelitian ini menghasilkan sembilan artefak RUP serta high-fidelity prototype.