Tidak ada review pada koleksi ini: 51457
ABSTRAK
Nama Penulis 1 / Program Studi : Rifanti Putri Tallisha / Sistem Informasi
Nama Penulis 2 / Program Studi : Nadhira Rafik / Ilmu Komputer
Judul : Analisis Pengaruh Recommendation Accuracy, Novelty, dan
Diversity pada Subscription Video on Demand terhadap
Continuance Intention
Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S.Kom., M.Kom.
Ika Chandra Hapsari, S.Kom., M.Kom
Subscription Video on Demand (SVoD) merupakan layanan video streaming dengan
metode subscription yang dibayarkan pengguna pada periode tertentu untuk dapat
mengakses seluruh konten yang disediakan SVoD. Banyaknya judul program baik film,
series, tv show, dan konten video lainnya yang ada pada SVoD memberikan penggunanya
semakin banyak pilihan untuk menentukan program mana yang ingin ditonton. Untuk
menghindari kebingungan dan kesulitan yang dirasakan pengguna dari banyaknya pilihan
program, SVoD menyediakan rekomendasi yang disesuaikan dengan personalisasi
pengguna dengan harapan dapat mempermudah pengguna dalam menentukan tontonan
program yang mungkin disukai. Dalam rangka mengidentifikasi faktor-faktor yang
dapat memengaruhi niat keberlanjutan penggunaan SVoD, penelitian ini menyertakan
kualitas rekomendasi untuk menganalisis pengaruhnya terhadap kepuasan, manfaat yang
dirasakan, dan experience pengguna dalam menggunakan SVoD. Flow theory digunakan
dalam penelitian ini untuk mengukur pengalaman holistik pengguna ketika dalam
keterlibatan dan merasakan kenikmatan dari menggunakan SVoD. Metode analisis yang
digunakan pada penelitian ini yaitu mixed-method dengan melakukan analisis kuantitatif
terlebih dahulu, lalu dilanjutkan dengan analisis kualitatif. Analisis data kuantitatif
dilakukan dengan metode PLS-SEM dengan data yang berhasil terkumpul melalui
penyebaran kuesioner online sebanyak 394 pengguna SVoD. Hasil dari pengolahan
analisis data didapatkan bahwa recommendation accuracy, recommendation novelty,
dan recommendation diversity memengaruhi perceived usefulness dan flow. Selain itu,
kualitas rekomendasi yang memengaruhi satisfaction hanya recommendation novelty
dan satisfaction juga dipengaruhi oleh perceived usefulness dan flow. Selanjutnya,
satisfaction, perceived usefulness, dan flow terbukti memengaruhi continuance intention.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan saran praktis
bagi penyedia layanan SVoD untuk meningkatkan pengembangan kualitas rekomendasi
yang dapat memengaruhi niat keberlanjutan penggunaan SVoD
Kata kunci:
Subscription Video on Demand, recommendation, flow theory, multigroup analysis,
continuance intention