Call Number | SK-2247 (Softcopy SK-1729) |
Collection Type | Skripsi |
Title | Analisis Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik pada Intensi Pembelian Online Game Item Berbasis First-Person Shooter |
Author | Tasya Putri Shabira; |
Publisher | Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2023 |
Subject | |
Location | FASILKOM-UI; |
Nomor Panggil | ID Koleksi | Status |
---|---|---|
SK-2247 (Softcopy SK-1729) | TERSEDIA |
ABSTRAK Nama : Tasya Putri Shabira Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Pengaruh Motivasi Intrinsik dan Ekstrinsik pada Intensi Pembelian Online Game Item Berbasis First-Person Shooter Pembimbing : Prof. Dr. Achmad Nizar Hidayanto, S. Kom., M. Kom. dan Nilamsari Putri Utami, S.Kom., M.Sc Game First-person Shooter (FPS) adalah salah satu genre game online yang saat ini sedang populer dan umumnya mengadopsi model bisnis berbasis microtransaction dengan menyediakan konten berupa in-game item yang dapat dibeli di dalam game. Sebagai online game multiplayer yang sifatnya kompetitif, game FPS cenderung menerapkan cosmetic microtransaction yang bertujuan untuk menambah estetika dan memberikan kebebasan kustomisasi bagi pemain, tetapi tidak menawarkan keuntungan secara langsung/direct dalam game dan murni estetika. Meski tidak menawarkan keuntungan fungsional dalam game, tetapi penjualan game dengan model cosmetic microtransaction tetap sukses. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk bagaimana motivasi intrinsik dan ekstrinsik seseorang dapat memengaruhi intensi pembelian online game item pada game dengan genre FPS. Pada penelitian ini dilakukan penyebaran survei kepada masyarakat Indonesia yang pernah membeli online game item pada game FPS dan mendapatkan 475 responden valid. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan analisis PLS-SEM dengan bantuan program SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor intrinsic motivation dan extrinsic motivation keduanya berpengaruh secara positif kepada authentic experience dan satisfaction, kemudian authentic experience dan satisfaction yang dirasakan pemain game juga berpengaruh terhadap purchase intention pengguna tersebut dalam membeli item game pada game FPS. Kata kunci: Game First-Person Shooter, Customization, Cosmetic Microtransaction, Intrinsic Motivation, Extrinsic Motivation, Authentic Experience, Satisfaction, Purchase Intention