Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number KP-1012 (Softkopi KP-576) SCKP-tidak ada
Collection Type Kerja Praktek (KP)
Title Pengembangan modul e-learning matematika SMA kelas XII di Esfindo
Author Mubarik Ahmad;
Publisher Depok: Fasilkom UI, 2009
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
KP-1012 (Softkopi KP-576) SCKP-tidak ada TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 28383
ABSTRAK

Kerja praktik merupakan suatu proses pembelajaran yang meliputi pengerjaan sebuah proyek kecil yang dilakukan secara mandiri dengan petunjuk dan bimbingan dari pihak universitas khususnya fakultas dan juga dari bimbingan pihak instansi tempat dilaksanakannya kerja praktik. Dalam proses pembelajaran kerja praktik ini terdiri beberapa tahap yang harus dilalui, diantaranya 3 tahap utama adalah, yang pertama, pelaksanaan dan proses pengerjaan proyek kerja praktik itu sendiri, yang kedua yaitu setelah tahap pengerjaan proyek selesai, pembuatan laporan kerja praktik, dan yang terakhir yaitu pengevaluasian dari hasil kerja praktik itu sendiri. Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka. Dengan masuknya pengaruh globalisasi, pendidikan masa mendatang akan lebih bersifat terbuka dan dua arah, beragam, multidisipliner, serta terkait pada produktivitas kerja saat itu juga dan kompetitif. Secara khusus dalam bidang pendidikan akan dirasakan adanya kecenderungan bergesernya pendidikan dari sistem berorientasi pada guru / dosen ke sistem yang berorientasi siswa, tumbuhnya pendidikan terbuka / jarak jauh, semakin banyak pilihan sumber belajar yang tersedia, diperlukannya standar kualitas global dalam rangka persaingan global, semakin diperlukannya pendidikan sepanjang hayat (life long learning). Esfindo adalah kelompok penelitian yang bergerak dalam pengembangan e-learning di Indonesia. Dalam hal ini, penulis ikut ambil bagian dalam pengembangan modul elearning Matematika SMA Kelas. Penulis berharap dapat membantu Esfindo dalam mewujudkan tujuannya yaitu meningkatkan mutu bangsa dengan dengan pemberian akses sumber pembelajaran untuk segala kelompok masyarakat dengan bantuan TIK.