Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number T-1048 (Softcopy T-757) Source Code T-189
Collection Type Tesis
Title Metode modifikasi RSA
Author Achmad Rohman;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer UI, 2013
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
T-1048 (Softcopy T-757) Source Code T-189 TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 41357
ABSTRAK

ABSTRAK Nama : Mira Suryani Program Studi : Magister llmu Komputer Judul : Personalisasi Konten Pembelajaran Berdasarkan Pendekatan Tipe Belajar Triple-Factor dalam E-learning Salah satu isu penelitian yang menarik dan berkaitan perkembangan e-learning adalah personalisasi dalam pembelajaran. Personalisasi pembelajaran merupakan sebuah strategi untuk menangkap perbedaan karakteristik pembelajar dan memberikan perlakukan khusus kepada pembelajar sesuai dengan karakteristiknya. Personalisasi pembelajaran membantu pemeblajar dalam mengeluarkan performa terbaiknya dalam belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Bertujuan mengakomodasi perbedaan pembelajar, peneliti mengembangkan sistem personalisasi konten pembelajaran berdasarkan tipe belajar dari triple-factor. Karakteristik dari tiga puluh enam tipe belajar triple-factor digunakan sebagai input untuk algoritma personalisasi konten pembelajaran dalam menghasilkan konten pembelajaran yang sesuai dengan tipe belajar dari masing-masing pembelajar. Algoritma personalisasi konten pembelajaran yang diusulkan dikembangkan menjadi sebuah sistem yang disebut SCELE-PDE. Sistem kemudian diujicobakan pada 118 pembelajar yang terdaftar pada matakuliah Penulisan Ilmiah (PI) semester gasal tahun ajaran 2013-2014 di Fasilkom, UI sebagai kelompok eksperimen. Nilai akhir dari kelompok eksperimen dibandingkan dengan nilai akhir dari kelompok kontrol yang menggunakan non-personalisasi e-learning. Dari hasil evaluasi diperoleh bahwa pembelajar yang menggunakan personalisasi elearning memiliki perbedaan performa belajar yang signifikan dengan nilai sig. 0,000 (p<0,05) dibandingkan dengan performa belajar dari pembelajar yang menggunakan non-personalisasi e-learning. Perbedaan nilai akhir rata-rata tertinggi pada kelompok tersebut mencapai 13,68. Kata kunci: personalisasi konten pembelajaran, e-learning, triple-factor, SCELEPDE