Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-1823 (Softcopy SK-1305)
Collection Type Skripsi
Title Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Ketidakpercayaan pada Platform Galang Dana Online Terhadap Intensi Berdonasi Online
Author Adyanissa Farsya Kirana;
Publisher Depok: Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia, 2020
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-1823 (Softcopy SK-1305) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 48424
ABSTRAK Nama : Adyanissa Farsya Kirana Program Studi : Sistem Informasi Judul : Analisis Pengaruh Kepercayaan dan Ketidakpercayaan pada Platform Galang Dana Online Terhadap Intensi Berdonasi Online Pembimbing : Dr. Putu Wuri Handayani, S.Kom., M.Sc. dan Widia Resti Fitriani, S.Kom., M.Kom. Donasi online kini semakin marak di Indonesia, terutama pada platform galang dana (crowdfunding). Seiring dengan bertambahnya pengguna pada platform tersebut, banyak pula kasus-kasus yang melibatkan kepercayaan pengguna terhadap platform crowdfunding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi kepercayaan dan ketidakpercayaan seseorang terhadap platform crowdfunding, dan pengaruhnya terhadap sikap dan intensi perilaku donasi online. Penelitian ini mengkaji lebih dalam mengenai behavioral intention untuk berdonasi dan konsep trust and distrust. Pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dengan melibatkan 865 responden Indonesia melalui kuesioner online pada media sosial. Data responden diolah dan dianalisis menggunakan metode Partial Least Square – Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek kualitas seperti system quality dan information quality dan aspek mekanisme institusi seperti perceived platform rules dan perceived monitoring memengaruhi kepercayaan dan ketidakpercayaan terhadap platform. Kepercayaan dan ketidakpercayaan terhadap platform berpengaruh secara signifikan terhadap sikap dan intensi seseorang dalam melakukan donasi online. Kata kunci: Online crowdfunding, Trust, Distrust, Intention to Donate, SmartPLS, PLS-SEM, Indonesia