Tidak ada review pada koleksi ini: 50831
ABSTRAK
Nama : Donny Samuel
Program Studi : Ilmu Komputer
Judul : Evaluasi Usability Aplikasi Mobile Health di Indonesia: Studi Kasus
Bersatu Lawan COVID-19, Halodoc, dan Kimia Farma Mobile
Pembimbing : Dr. Panca Oktavia Hadi Putra, B.Sc. (Hons), M.Bus &
Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D.
Teknologi Informasi dan bidang kesehatan sudah tidak dapat dipisahkan lagi di masa sekarang.
Ditambah dengan adanya era pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia,
membuat masyarakat Indonesia semakin sulit untuk melakukan pengobatan secara langsung.
Dengan keadaan masyarakat yang tidak bisa bertemu secara langsung membuat teknologi menjadi
jembatan antara masyarakat dengan tenaga medis. Hal ini menyebabkan masyarakat
mengandalkan teknologi dalam sarana pelayanan konsultasi, pencarian informasi dan pembelian
obat. Untuk mengetahui bagaimana peranan teknologi dalam membantu masyarakat Indonesia
dalam bidang kesehatan, perlu dilakukan analisis lebih lanjut mengenai pengalaman pengguna
selama menggunakan aplikasi kesehatan khususnya pada platform mobile. Penelitian ini
menggunakan metode convergent mixed-method design secara paralel. Data kualitatif
dikumpulkan dengan kajian oleh tiga ahli menggunakan Ten Usability Heuristics oleh Jacob
Nielsen. Data kuantitatif dikumpulkan dari 170 responden menggunakan kuesioner Standardized
User Experience Percentile Rank Questionnaire (SUPR-Q) yang diterjemahkan ke dalam bahasa
Indonesia menggunakan metode cross-cultural adaptation. Data kuantitatif ini akan memberikan
penilaian pengalaman pengguna diukur dari beberapa dimensi yaitu usability, trust, appearance,
dan loyalty. Berdasarkan kajian ahli dan kuesioner, analisis kedua data tersebut menunjukan bahwa
permasalahan usability terbesar yang dialami oleh pengguna aplikasi kesehatan dari kategori
konsultasi, berkaitan dengan COVID-19, dan pembelian obat adalah faktor errors, dokumentasi,
dan konsistensi, di mana tingkat gangguan yang timbul adalah tinggi ditandai dengan severity
score pada ten heuristics di bawah 2,0 dan tingkat kemudahan pengguna untuk mengatasinya
adalah rendah yang dinilai dari usability dimensi SUPR-Q bernilai C (Halodoc) dan D (Kimia
Farma Mobile dan Bersatu Lawan COVID 19). Rekomendasi yang dapat diberikan untuk
meningkatkan usability adalah dengan pemetaan user flow untuk error prevention dan pembuatan
design system yang terdokumentasi dengan baik.
Kata Kunci:
Mobile Health Application, SUPR-Q, Usability, User Experience