Library Automation and Digital Archive
LONTAR
Fakultas Ilmu Komputer
Universitas Indonesia

Pencarian Sederhana

Find Similar Add to Favorite

Call Number SK-2018 (Softcopy SK-1500)
Collection Type Skripsi
Title Evaluasi Usability Aplikasi Mobile Health Di Indonesia: Studi Kasus Bersatu Lawan Covid-19,Halodoc,Dan Kimia Farma Mobile
Author Donny Samuel;
Publisher Depok:Fasilkom UI,2021
Subject
Location FASILKOM-UI;
Lokasi : Perpustakaan Fakultas Ilmu Komputer
Nomor Panggil ID Koleksi Status
SK-2018 (Softcopy SK-1500) TERSEDIA
Tidak ada review pada koleksi ini: 50831
ABSTRAK Nama : Donny Samuel Program Studi : Ilmu Komputer Judul : Evaluasi Usability Aplikasi Mobile Health di Indonesia: Studi Kasus Bersatu Lawan COVID-19, Halodoc, dan Kimia Farma Mobile Pembimbing : Dr. Panca Oktavia Hadi Putra, B.Sc. (Hons), M.Bus & Harry Budi Santoso, S.Kom., M.Kom., Ph.D. Teknologi Informasi dan bidang kesehatan sudah tidak dapat dipisahkan lagi di masa sekarang. Ditambah dengan adanya era pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia, membuat masyarakat Indonesia semakin sulit untuk melakukan pengobatan secara langsung. Dengan keadaan masyarakat yang tidak bisa bertemu secara langsung membuat teknologi menjadi jembatan antara masyarakat dengan tenaga medis. Hal ini menyebabkan masyarakat mengandalkan teknologi dalam sarana pelayanan konsultasi, pencarian informasi dan pembelian obat. Untuk mengetahui bagaimana peranan teknologi dalam membantu masyarakat Indonesia dalam bidang kesehatan, perlu dilakukan analisis lebih lanjut mengenai pengalaman pengguna selama menggunakan aplikasi kesehatan khususnya pada platform mobile. Penelitian ini menggunakan metode convergent mixed-method design secara paralel. Data kualitatif dikumpulkan dengan kajian oleh tiga ahli menggunakan Ten Usability Heuristics oleh Jacob Nielsen. Data kuantitatif dikumpulkan dari 170 responden menggunakan kuesioner Standardized User Experience Percentile Rank Questionnaire (SUPR-Q) yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menggunakan metode cross-cultural adaptation. Data kuantitatif ini akan memberikan penilaian pengalaman pengguna diukur dari beberapa dimensi yaitu usability, trust, appearance, dan loyalty. Berdasarkan kajian ahli dan kuesioner, analisis kedua data tersebut menunjukan bahwa permasalahan usability terbesar yang dialami oleh pengguna aplikasi kesehatan dari kategori konsultasi, berkaitan dengan COVID-19, dan pembelian obat adalah faktor errors, dokumentasi, dan konsistensi, di mana tingkat gangguan yang timbul adalah tinggi ditandai dengan severity score pada ten heuristics di bawah 2,0 dan tingkat kemudahan pengguna untuk mengatasinya adalah rendah yang dinilai dari usability dimensi SUPR-Q bernilai C (Halodoc) dan D (Kimia Farma Mobile dan Bersatu Lawan COVID 19). Rekomendasi yang dapat diberikan untuk meningkatkan usability adalah dengan pemetaan user flow untuk error prevention dan pembuatan design system yang terdokumentasi dengan baik. Kata Kunci: Mobile Health Application, SUPR-Q, Usability, User Experience