Tidak ada review pada koleksi ini: 51560
ABSTRAK
Nama : Advis Tasyah Mulia, Hamzah Daffa Arrayhan, Muhammad Marsha
Prawira
Program Studi : Ilmu Komputer dan Sistem Informasi
Judul : Analisis Faktor yang Memengaruhi Intensi Penggunaan Aplikasi
Mobile Commerce Online-to-Offline (O2O) pada UMKM di
Indonesia
Pembimbing : Dr. Indra Budi, S.Kom., M.Kom. & Dr. Panca Oktavia Hadi Putra,
B.Sc., M.Bus.
Dalam memenuhi misi Kemenkop UKM untuk mencapai 30 juta atau 46,8% UMKM di
Indonesia telah terdigitalisasi pada 2024, penggunaan aplikasi mobile commerce, terutama
online-to-offline (O2O) commerce, pada UMKM di Indonesia dapat menjadi salah satu cara
untuk mendorong hal tersebut. Saat ini penggunaan aplikasi O2O masih cukup rendah dengan
tercatat pengguna Mitra Bukalapak, sebagai pemimpin pasar dengan tingkat penetrasi pasar
sebesar 42%, hanyalah 13.5% dari 64 juta UMKM di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis faktor apa saja yang memengaruhi intensi penggunaan
terhadap aplikasi O2O pada UMKM di Indonesia. Penelitian ini menggunakan dua teori,
yaitu technology acceptance model (TAM) sebagai teori yang merepresentasikan penerimaan
dari sisi teknologi, serta perceived value theory sebagai teori yang merepresentasikan dari sisi
keuntungan dan kerugian pengguna yang dapat memengaruhi intensi penggunaan aplikasi
O2O. Penelitian ini dilakukan terhadap 362 responden dan dianalisis menggunakan metode
partial least square structural equation model (PLS-SEM) dengan aplikasi SmartPLS 4.
Penelitian ini juga menganalisis data secara multigroup dengan kelompok yang sudah
menggunakan aplikasi O2O dan yang belum pernah menggunakannya untuk mengetahui
perbedaan antar kelompoknya. Pada penelitian ini ditemukan adanya pengaruh signifikan dari
seluruh faktor TAM (perceived ease of use, perceived usefulness, dan attitude toward using)
dan perceived value theory terhadap usage intention. Selain itu, physical experience dan
integration of online and offline information sebagai fitur utama pada O2O commerce juga
berpengaruh signifikan atas TAM dan perceived value theory. Penelitian ini diharapkan dapat
memberikan kontribusi bagi penyedia layanan aplikasi O2O untuk mengevaluasi layanan dan
membantu meningkatkan pemanfaatan aplikasi tersebut demi mencapai 30 juta UMKM
terdigitalisasi di Indonesia pada 2024.
Kata Kunci : Online-to-Offline (O2O) commerce, m-commerce, SMEs, Technology
Acceptance Model, Perceived Value Theory, Usage Intention, PLS-SEM, Multigroup Analysis